Denny JA Tawarkan Pandangan Baru dalam Hubungan Antaragama

Minggu, 11 Juni 2023 - 12:45 WIB
loading...
A A A
Menurut Gaus, teologi kebencian tertanam sangat dalam di lubuk hati para pemeluk agama ketika berhadapan dengan pemeluk agama lain. Kekerasan atas nama agama, termasuk perang dan terorisme adalah perwujudan sejati dari teologi kebencian ini. Maka kaum sekular dan ateis menuduh agama bertanggung jawab atas berbagai kekerasan berdarah di muka bumi.

Untuk keluar dari jebakan teologi kebencian ini, lanjutnya, tidak mudah karena jeratnya sudah terpasang di mana-mana: keluarga, lingkungan, tempat ibadah, sekolah, dll. Itu pula yang memicu konflik dan permusuhan atas nama agama.

Padahal agama-agama secara inhern dalam dirinya mengandung ajaran kasih sayang dan perdamaian. Seharusnya itu menjadi argumen untuk keluar dari jebakan teologi kebencian.



“Maka rumusan Denny JA bahwa agama-agama adalah warisan kultural milik bersama umat manusia, sangat penting karena menjadi argumen untuk keluar dari jebakan teologi kebencian tersebut. Sekaligus menjadi seruan kepada setiap pemeluk agama untuk memandang agama dan tradisi keimanan yang lain sebagai miliknya juga. Sebab sejarah agama dibentuk oleh kita bersama, manusia dan peradabannya,” pungkas Gaus.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)