Ganjar-TGB Menguat, Bakal Jadi Duet Nasionalis-Religius

Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:24 WIB
loading...
Ganjar-TGB Menguat, Bakal Jadi Duet Nasionalis-Religius
Nama Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB Muhammad Zainul Majdi menguat sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Foto/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) resmi mendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Dukungan itu deklarasikan Partai Perindo setelah menggelar silaturahmi dan kerja sama politik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemarin.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan dengan adanya koalisi tersebut, membuat nama Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB Muhammad Zainul Majdi menguat sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

"Kans Ganjar-TGB terbuka dan bisa menguat saat Perindo menyatakan dukungan kepada Ganjar dan bekerja sama politik dengan PDIP," ujar Surokim dalam keterangannya, Sabtu (10/6/2023).





Surokim menambahkan, dari segi potensi elektabilitas, TGB memiliki potensi untuk diusulkan bersama Ganjar. Sebab, mereka menjadi satu kesatuan pasangan Jawa dan non Jawa atau nasionalis-religius.

"Apalagi ceruk dukungan TGB selama ini tidak beririsan dengan Pak Ganjar dan cenderung bisa melengkapi. Pasangan ini juga bisa menjadi pasangan Jawa dengan luar Jawa yang kompetitif, serta pasangan nasionalis-religius. Keduanya sama-sama pernah memimpin daerah menjadi gubernur," katanya.

Diketahui, Partai Perindo bakal segera membahas soal figur cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 bersama dengan PDIP dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Saat ini, Partai Perindo telah mempersiapkan sejumlah langkah dan strategi untuk memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Salah satunya, dengan menginstruksikan seluruh pengurus hingga kader Perindo untuk secara total memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. "Kami sudah membuat surat instruksi kepada seluruh kelembagaan kami, sampai tingkat DPD, DPC, sampai tingkat ranting untuk memenangkan Mas Ganjar Pranowo. Jadi ini bagian penting," kata Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah dalam diskusi MNC Trijaya yang disiarkan secara langsung di channel YouTube Trijaya FM, Sabtu (10/6/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)