Partai Perindo Dukung Ganjar Berdasarkan Hasil Kajian hingga Polling

Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:52 WIB
loading...
Partai Perindo Dukung Ganjar Berdasarkan Hasil Kajian hingga Polling
Waketum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan pertimbangan dukungan terhadap Ganjar Pranowo. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memutuskan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 . Dukungan ini tidak diberikan secara tiba-tiba tetapi melalui proses dan telaah panjang.

Wakil Ketua Umum Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengakui partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini sebelumnya sudah melakukan berbagai aktivitas komunikasi dan silaturahmi politik ke sejumlah tokoh serta petinggi parpol. Hingga akhirnya, Perindo memutuskan mendukung Ganjar Pranowo.

Dijelaskan Ferry, keputusan partai yang telah ditetapkan KPU bernomor 16 pada kertas suara Pemilu 2024 mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 bukan tanpa dasar yang jelas. Dukungan itu, ditekankan Ferry, berdasarkan hasil kajian hingga Poling di internal Partai Perindo.



"Kami juga melakukan semacam kajian-kajian, bahkan kita juga melakukan poling secara internal, itu kita lakukan. Nah akhirnya kami memutuskan untuk mendukung Bapak Ganjar Pranowo," beber Ferry dalam diskusi MNC Trijaya bertajuk 'Misteri Gerbong Koalisi' yang disiarkan secara langsung di channel YouTube Trijaya FM, Sabtu (10/6/2023).

Ferry menjelaskan Ketum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo sebelumnya juga sudah sempat membeberkan tiga pertimbangan memutuskan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Adapun, pertimbangan pertama yakni karena PDIP lebih siap secara elektoral di Pemilu 2024.

"Tentunya dalam konteks koalisi ini PDIP kan jauh lebih siap, mereka punya presidensial treshold attack yang memang mencukupi dalam konteks ini dan untuk hal proses pemilu itu juga bisa mengusung secara langsung," beber Ferry.



Yang kedua, sambung dia, tentunya terkait konteks yang lebih filosofi. Ia berpandangan bahwa Partai Perindo dengan PDIP mempunyai kesamaan ideologi yakni sama-sama mengusung ideologi Pancasila.

"Terus kesamaan gerak langkah yang ada, garis politik yang dilakukan untuk kesejahteraan rakyat. Saya pikir ini menjadi poin yang sangat penting dan sangat strategis kenapa kita mengusung Pak Ganjar Pranowo," terangnya.

Sementara pertimbangan ketiga, yakni karena sosok atau figur dari Ganjar Pranowo. Partai Perindo menilai Ganjar Pranowo merupakan sosok yang sangat kuat dan berpengalaman di dunia pemerintahan. Di mana, figur seseorang sangat penting dalam menentukan kemenangan di Pilpres.

"Selain Pak Ganjar tokoh muda, Pak Ganjar adalah Gubernur dua periode, pernah di DPR juga, dan segenap pengalaman yang memang sangat mumpuni yang dia dapatkan seperti itu," urai Ferry.

"Dan akhirnya kami memutuskan untuk kita berkoalisi dengan PDI Perjuangan, dengan PPP, untuk kita sama-sama merapatkan barisan untuk mengusung Pak Ganjar Pranowo," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)