Spesifikasi ILSV, Kendaraan Lapis Baja Milik TNI dan Polri

Minggu, 04 Juni 2023 - 05:00 WIB
loading...
Spesifikasi ILSV, Kendaraan Lapis Baja Milik TNI dan Polri
Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV) merupakan kendaraan militer ringan yang biasa digunakan oleh kesatuan TNI dan Polri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV) merupakan kendaraan militer ringan yang biasa digunakan oleh kesatuan TNI dan Polri. Kendaraan yang satu ini diproduksi J-Forces atau PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa.

ILSV pertama kali diperkenalkan pada Indo Defence 2014 oleh PT Jala Berikat Nusantara Perkasa (PT Jala). Dalam perkembangannya, kendaraan ini mengalami perubahan di beberapa komponen guna meningkatkan kemampuannya.



Salah satu di antaranya yaitu munculnya varian anti peluru dengan baja berstandar NIJ level III. Adanya varian tersebut membuat spesifikasi dari ILSV semakin meningkat.

Spesifikasi Kendaraan Lapis Baja ILSV


ILSV pada dasarnya merupakan kendaraan berupa rantis 4x4 multirole yang dibangun dari sasis Toyota Hilux Generasi VII. Selain sasis komponen yang diambil dari mobil Hilux yaitu mesin, drivetrain dan kaki-kaki.

Kaki-kaki dari mobil ini hanya diubah seperlunya saja, terutama pada bagian sokbreker tanpa adanya suspension lift kit. Sehingga masih tampak sedikit mirip dengan mobil Hilux.

Dengan mengadopsi mesin dari kendaraan yang sudah ada, PT. Jala sendiri menilai akan lebih mempermudah dalam hal suku cadang dan perawatannya. Meski begitu ILSV sendiri dapat menjadi kendaraan ideal untuk mendukung misi tempur.

Konstruksi body pun ditanamkan dengan cara dilas tanpa adanya karet bodi dan baut yang menyatukan antara sasis dan bodi. Sehingga dapat dikatakan kendaraan ini berubah menjadi monokok.

Spesifikasi ILSV

- Perancang: J-Forces
- Negara Asal: Indonesia
- Dimensi: Panjang 5,4 m, lebar, 1,9 m, tinggi 2 m
- Jumlah Awak: 2 awak dan 6 personel tambahan
- Perisai: High strength steel, paduan aluminium. Standar NIJ level III dan kaca anti peluru NIJ level III.
- Senjata Utama: Senapan mesin 7,62 mm
- Mesin: Toyota 2500cc turbo intercooler 149 tenaga kuda metrik (110 kW) (versi soft top)
- Transmisi: Manual 5 kecepatan
- Daya Jelajah: 870 Km
- Kecepatan: 120 Km per jam (versi soft top).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)