Sowan ke Pengasuh Ponpes Buntet Cirebon, Ganjar Dapat Ijazah

Sabtu, 03 Juni 2023 - 17:50 WIB
loading...
Sowan ke Pengasuh Ponpes Buntet Cirebon, Ganjar Dapat Ijazah
Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan pengasuh Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, KH Adib Rofiuddin. FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan pengasuh Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, KH Adib Rofi'uddin. Gubernur Jawa Tengah itu mengaku mendapatkan ijazah dari sang kiai.

Saat sowan ke Ponpes Buntet, Ganjar melakukan pertemuan tertutup dengan KH Adib Rof'uddin. Menurut Ganjar, dalam pertemuan itu ia berdiskusi banyak tentang persoalan bangsa dan negara.

Ganjar menyampaikan, dirinya sebenarnya sudah berkomunikasi lewat telepon. Namun, ia belum memiliki kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi secara langsung.



"Kemarin kita komunikasi hanya by phone dan hari ini saya (memenuhi) niat. Jadi sudah sah ya Pak Kiai dan Ibu Nyai, bisa hadir," kata Ganjar di Ponpes Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (3/6/2023).

Ganjar mengaku merasa senang karena dalam diskusi ini dirinya mendapatkan banyak gambaran tentang bangsa dan negara Indonesia ke depan seperti apa.

"Dan beliau ngijazahin saya beberapa hal, yang tentu saja ini sangat baik, bagaimana membangun suasana kebangsaan yang damai, tenteram, baldatun toyyibatun warobbun ghofur, suasana luar biasa lah. Saya sangat berbahagia bisa diterima dengan baik," ujarnya.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Tengah itu merasa senang karena kunjungannya ini mendapatkan jamuan makanan yang luar biasa. "Selebihnya makan masakan Bu Nyai yang luar biasa lezat," kata Ganjar yang sebelum berpamitan menyerahkan kaligrafi ke Kiai Adib.



Kedatangan Ganjar di Cirebon juga untuk menghadiri konsolidasi PDIP Jawa Barat dalam Pemenangan Pilpres dan Pileg 2024 di Stadion Bima, Cirebon, Sabtu (3/6/2023). Dalam sambutannya, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri karena telah memberikan amanah besar untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Terima kasih saya mau sampaikan hormat saya, terima kasih saya kepada Bu Mega yang sudah memberikan saya amanat ini serta tentu banyak dukungan kepada saya," kata Ganjar dalam sambutannya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, Presiden memiliki peran penting bagi dirinya. "Terima kasih saya juga saya berikan ke Pak Presiden, Pak Jokowi, yang selalu memberikan guidence kepada saya dalam konteks pemerintahan dan bagaimana kita saling memperkuat," ujarnya.

Ganjar mengungkap, dalam pemilu-pemilu sebelumnya, ia terlibat langsung dalam mengkampanyekan Megawati dan Jokowi di Pilpres. "Saya pernah menjadi jurkam untuk pilpres empat kali, empat kali. Dua kali untuk Bu Mega dan dua kali Pak Jokowi," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)