Tanggapi Pernyataan SBY soal Chaos Politik, Megawati: Pemilu Bukan Barang Baru

Jum'at, 02 Juni 2023 - 20:55 WIB
loading...
Tanggapi Pernyataan SBY soal Chaos Politik, Megawati: Pemilu Bukan Barang Baru
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi tanggapan terkait kekhawatiran yang disampaikan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberi tanggapan terkait kekhawatiran yang disampaikan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . Sebelumnya, SBY menyebut chaos politik bisa terjadu jika Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sistem pemilu proporsional tertutup.

Megawati menegaskan bahwa pemilu legislatif (pileg) sudah bukan barang baru lagi sehingga mekanisme sudah dipahami dan ditata dengan teratur.



"Jangan lagi kita melihat pemilu seperti barang baru. Maksud saya tu begini kan ada tu komen-komen yang mengatakan sepertinya ada chaos. Saya lalu berpikir mereka sendiri yang mengatakan begitu," ujar Megawati saat menerima kunjungan silaturahmi dan kerja sama partai politik Partai Amanat Nasional (PAN) di Kantor DPP PDIP Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

Megawati menegaskan Indonesia tidak akan menjadi chaos hanya karena karena sistem pemilu berubah dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup. Apalagi, kata Megawati, Indonesia sudah mempunyai pengalaman berkali-kali menyelenggarakan pemilu.

"Karena bagi kami tidak terjadi chaos karena bagi kami melihat sudah beberapa kali pemilu. Dan pemilu pertama itu 1955. Jadi bukan barang baru. Jadi kalau ada yang mengatakan seperti itu maunya seperti apa," pungkas Presiden ke-5 RI ini.

Diketahui sebelumnya, Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan komentar terkait pernyataan Pakar Hukum Tata Negara, Denny Indrayana terkait perubahan sistem Pemilu 2024 menjadi proporsional tertutup.

Denny mengaku mendapatkan informasi dari sumber terpercaya bahwa MK telah memutuskan sistem pemilu kembali ke sistem proporsional tertutup. Padahal, MK sendiri belum memutuskan uji materi ketentuan sistem pemilu karena masih menunggu kesimpulan para pihak hingga tanggal 30 Mei 2023.

“Jika yang disampaikan Prof Denny Indrayana 'reliable', bahwa MK akan menetapkan sistem proporsional tertutup, dan bukan sistem proporsional terbuka seperti yang berlaku saat ini, maka hal ini akan menjadi isu besar dalam dunia politik di Indonesia,” tulis SBY lewat akun Twitter pribadinya @SBYudhoyono, Minggu (28/5/2023).

Terkait perubahan sistem pemilu, menurut SBY, ada tiga pertanyaan besar yang menjadi perhatian publik, mayoritas parpol, dan pemerhati pemilu apakah ada kegentingan dan kedaruratan sehingga sistem pemilu diganti ketika proses pemilu sudah dimulai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)