Gerakan Masyarakat Bawah Ungkap Kriteria Capres 2024 yang Bakal Didukung

Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:57 WIB
loading...
Gerakan Masyarakat Bawah Ungkap Kriteria Capres 2024 yang Bakal Didukung
Dewan Pakar GMBI Teguh Wiguna. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) mengungkapkan kriteria figur calon presiden (capres) yang bakal didukung mereka di Pilpres 2024 . Kriteria yang pertama, capres yang akan didukung GMBI adalah figur yang memiliki keberanian dalam bersikap, keberanian dalam bertindak dan keberanian dalam membela hak-hak masyarakat bawah.

“Kedua, capres harus dekat dengan masyarakat, mencintai masyarakat bawah, mendengar aspirasi masyarakat, bukan capres yang hanya membela kepentingan sebagian elite politik,” kata Dewan Pakar GMBI Teguh Wiguna dalam acara Simposium Nasional bertajuk Masyarakat Bawah Memilih yang merupakan rangkaian dari kegiatan Rakernas ke-21 GMBI di Kota Bandung, Kamis (1/6/2023) malam.

Teguh mengatakan, yang paling penting adalah capres harus melanjutkan cita-cita dan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam program infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat bawah. “Kami sangat mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo, dan program ini harus dilanjutkan,” ujarnya.





Beberapa agenda dibahas dalam simposium tersebut, di antaranya masalah transformasi organisasi, sosial, ekonomi dan politik. Untuk bidang politik, GMBI mengeluarkan sikap politik terkait Pilpres 2024.

Acara simposium tersebut dihadiri oleh 3 partai pengusung bakal capres dan cawapres, di antaranya PDIP selaku pengusung Ganjar Pranowo, Nasdem yang mengusung Anies Baswedan, dan PKB yang mendorong Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal calonnya.

“Kami sebenarnya mengundang 9 partai hadir dalam simposium malam ini, namun hanya 3 partai yang berani berdiskusi langsung dengan masyarakat bawah, dan kita apresiasi itu,” pungkasnya.

Berikut sikap politik GMBI dalam Pilpres 2024:


1. Seluruh elemen GMBI akan membantu pemerintah berperan aktif menyukseskan gelaran Pemilihan Umum 2024.
2. GMBI mengapresiasi penuh kinerja Presiden Joko Widodo dalam pembangunan infrastruktur demi kesejahteraan rakyat Indonesia.
3. Saat ini GMBI sudah tersebar di 15 provinsi dan ratusan kabupaten kota di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota terdaftar lebih dari 2 juta anggota.
4. GMBI akan memberikan dukungan politik kepada calon presiden dan calon wakil presiden yang memiliki keberanian dalam bersikap, keberanian dalam bertindak dan keberanian dalam membela hak-hak masyarakat bawah.
5. GMBI akan memberikan dukungan politik kepada calon presiden dan calon wakil presiden yang dekat dengan rakyat, mencintai rakyat, mendengarkan aspiraksi rakyat bukan calon yang hanya membela kepentingan segelintir elite politik.
6. GMBI akan memberikan dukungan politik kepada calon presiden dan calon wakil presiden yang memiliki komitmen melanjutkan cita-cita dan kinerja Presiden Joko Widodo dalam program infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat bawah.
7. GMBI akan berjuang untuk melindungi dan menjaga kepentingan masyarakat bawah dari eksploitasi massa pada saat kampanye tanpa ada komitmen jelas dengan masyarakat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)