MUI: Nilai-nilai Pancasila Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 01 Juni 2023 - 22:10 WIB
loading...
MUI: Nilai-nilai Pancasila Sesuai Ajaran Islam
Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ahmad Zubaidi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Setiap 1 Juni, masyarakat Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai ideologi negara. Namun, momentum ini belum menyentuh semua lapisan masyarakat untuk memeriahkan, mengilhami maupun mengamalkan nilai nilai Pancasila.

Pancasila kerap hanya dijadikan sebagai simbol, atau identitas untuk agenda politik tanpa mengaplikasikan nilai-nilainya. Selain itu, bagi kelompok radikal-teroris, mengilhami Pancasila dianggap thogut, bahkan kafir.

Dalam bingkai keindonesiaan, Pancasila merupakan jalan tengah yang memoderasi ekstrem kanan dan kiri. Dalam perspektif keagamaan, nilai-nilai Pancasila bersumber dari ajaran agama.



Karena itulah mengamalkan Pancasila berarti mempraktikkan nilai luhur budaya bangsa dan agama sebagai vaksinasi dari paham yang mengajarkan intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ahmad Zubaidi mengungkapkan mereka yang menganggap Pancasila tidak sejalan dengan nilai-nilai Islam adalah kelompok yang berpikiran sempit. Menurutnya, jika dibahas secara komprehensif, maka di dalamnya mengandung nilai-nilai Islam.

"Pada prinsipnya bahwa Pancasila sangat sesuai dengan agama Islam, karena tidak ada satu pun norma yang terdapat dalam sila Pancasila yang bertentangan dengan Al-Qur'an maupun Hadits yang menjadi pedoman kehidupan umat Islam," kata KH Ahmad Zubaidi di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Menurut Kiai Zubaidi, ini menunjukkan sebuah kedewasaan umat Islam dalam rangka membangun kebersamaan, mengingat Indonesia adalah bangsa yang majemuk, berbeda suku, agama dan ras. Semua itu, dipersatukan dengan Pancasila.

Ia mengungkapkan, dalam Al-Qur'an ada kalimat yang disebut dengan kalimatun sawa, titik temu. Bagaimana mencari persamaan atau persatuan, bukan memperdebatkan perbedaan.

"Islam nggak ego, yang penting adalah poinnya esensinya didapatkan, bagaimana para pendahulu kita dalam memikirkan bangsa ini memperjuangkan bangsa ini. Mereka berpikir untuk semua bukan hanya berpikir untuk diri sendiri atau kelompoknya," kata KH Ahmad Zubaidi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)