Besok Matahari Melintasi Kakbah, Kesempatan Periksa Arah Kiblat

Kamis, 26 Mei 2016 - 14:27 WIB
Besok Matahari Melintasi Kakbah, Kesempatan Periksa Arah Kiblat
Besok Matahari Melintasi Kakbah, Kesempatan Periksa Arah Kiblat
A A A
JAKARTA - Para pengurus masjid dan musala akan mendapatkan kesempatan langka untuk melakukan verifikasi arah kiblat yang benar. Kesempatan ini akan terjadi pada Jumat, 27 Mei 2016.

Kesempatan ini ditandai dengan melintasnya matahari tepat di atas Kakbah. Berdasarkan data astronomi peristiwa alam ini terjadi pada pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA.

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak, pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Kakbah,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammadiyah Amin yang dilansir dalam laman kemenag.go.id, Kamis (26/5/2016).

Menurutnya, peristiwa semacam ini sering dikenal dengan nama rashdul qiblah, yaitu ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Dia memgingatkan sejumlah persiapan yang perlu dilakukan para pengurus masjid dan musala sebelum memulai verifikasi arah kiblat. (Baca: Waktu Pelaksanaan Salat Gerhana Matahari di Wilayah Indonesia)

"Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul. Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7563 seconds (0.1#10.140)