Dukungan Pemilih Jokowi ke Prabowo Meningkat, Pengamat Ungkap 2 Faktor Utama

Jum'at, 26 Mei 2023 - 19:22 WIB
loading...
Dukungan Pemilih Jokowi ke Prabowo Meningkat, Pengamat Ungkap 2 Faktor Utama
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeliling melihat pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) menggunakan rantis Maung, Rabu (18/1/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam merespons survei Litbang Kompas yang menunjukkan perubahan arah dukungan pemilih Presiden Jokowi pada Pemilu 2019 kepada figur Menteri Pertahanan Prabowo Subianto . Menurut Arif, perubahan itu disebabkan oleh dua faktor utama.

Faktor pertama, kata Arif, perubahan arah dukungan tersebut tidak terlepas dari endorsement masif yang dilakukan oleh Jokowi. “Pertama, endorse Jokowi yang masif dan kemudian dibaca oleh para pendukung Jokowi,” ujar Arif, Jumat (26/5/2023).

Faktor kedua adalah rasa percaya pemilih Jokowi kepada Prabowo. Arif menganalisis bagaimana Prabowo dinilai oleh para pendukung Jokowi sebagai sosok yang akan melanjutkan program kerja pemerintah.





“Kedua, pendukung Jokowi percaya bahwa Prabowo akan melanjutkan program kerja pemerintah saat ini,” jelasnya.

Hasil survei Litbang Kompas periode Mei 2023 mencatat perubahan arah dukungan pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilu 2019 kepada Prabowo. Survei itu mengungkapkan, terdapat peningkatkan dukungan pemilih Jokowi kepada Prabowo.

Yang semula berada pada angka 21% di periode Januari 2023, kini meningkat menjadi 26,2%. Sementara itu, dukungan mereka pada Gubernur Jateng Ganjar justru menurun, dari 61% menjadi 56,3%.

"Aliran suara dari pemilih Jokowi yang makin besar kepada Prabowo dapat menjadi ancaman cukup serius bagi posisi Ganjar pada hari-hari mendatang," demikian dikutip dari survei Litbang Kompas.

Sejalan dengan hal tersebut, Litbang Kompas juga merilis hasil elektabilitas Prabowo yang kokoh di urutan pertama dengan 24,5%. Sementara itu, Ganjar serta mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi kedua dan ketiga, dengan masing-masing perolehan elektabilitas berada pada angka 22,8% dan 13,6%.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)