Pengamat Ungkap Penyebab Elektabilitas Ganjar-Anies Salip Prabowo

loading...
Pengamat Ungkap Penyebab Elektabilitas Ganjar-Anies Salip Prabowo
Selama virus corona (COVID-19) berlangsung, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang paling banyak menghiasai media massa, sehingga akhirnya bisa menyalip elektabilitas Prabowo Subianto. FOTO/DOK.SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Survei Indikator Politik menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalip elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dalam survei itu Ganjar menempati peringkat teratas disusul Anies.

Direktur Eksekutif Paramater Politik Indonesia, Adi Prayitno menyatakan, sangat rasional jika Ganjar dan Anies memuncaki elektabilitas dalam survei. Karena selama virus corona (COVID-19) berlangsung, kedua kepala daerah inilah yang paling banyak menghiasai media massa.

"Selalu jadi perbincangan. Itu artinya, selama corona, masyarakat mengikuti perkembangan hingar bingar yang terjadi di media," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (23/7/2020). (Baca juga: Survei Indikator, Elektabilitas Ganjar di Urutan Teratas Capres 2024)

Sementara Prabowo, kata Adi, relatif sepi pemberitaan meski kerjanya diapresiasi banyak orang. Survei itu menyangkut persepsi orang yang mengikuti perbincangan di media.



Adi mengatakan, meski Prabowo di bawah Ganjar-Anies tapi selisihnya sedikit sekali, masih dalam rentang margin of error. "Dalam logika survei, selisih semacam itu pada realitasnya belum bisa dipastikan siapa yang sebenarnya unggul andai diadakan pemilihan," kata analis politik asal UIN Jakarta ini. (Baca juga: Elektabilitas Prabowo Disalip Ganjar-Anies, Kemungkinan Dipicu Hal-Hal Ini)
(abd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top