Program PHINLA Kampanyekan Cara Mudah Kelolaan Sampah dari Rumah

Senin, 22 Mei 2023 - 21:45 WIB
loading...
Program PHINLA Kampanyekan Cara Mudah Kelolaan Sampah dari Rumah
Acara GLOBAL 6K Water for Sumba di CFD DKI Jakarta, Minggu (21/5/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Lingkungan Hidup Nasional 2023, Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama Divers Clean Action (DCA) menggelar kampanye pengelolaan sampah di Car Free Day DKI Jakarta, Minggu (21/5/2023). Dalam kampanye itu dibagikan informasi dan praktik tentang cara-cara mudah melestarikan lingkungan.

Kampanye pengelolaan sampah melalui program PHINLA ini adalah bagian dari acara GLOBAL 6K 'Water for Sumba' di CFD DKI Jakarta. Ikut hadir dalam kampanye pengelolaan sampah sejumlah selebritas ambassador kampanye Global6k, antara lain Rino Soedarjo, Tara Dermawan, Dion Wiyoko, Jonathan Christie, Han Chandra, Gaby Christy, dan Monita Tahalea.

Program PHINLA sendiri merupakan program untuk mengembangkan mata pencaharian bagi penduduk yang terkena dampak kemiskinan melalui sistem pengelolaan sampah multisektoral. Program ini merupakan program global dukungan pemerintah Jerman yang melibatkan tiga negara yaitu Filipina, Indonesia, dan Srilanka.

Di Indonesia, program PHINLA dijalankan Wahana Visi Indonesia yang bekerja sama dengan mitra lokal di bidang pengelolaan sampah yaitu Divers Clean Action. Berjalan sejak 2020, WVI dan DCA melakukan pendampingan terhadap 10 bank sampah di 10 RW yang tersebar di 4 kelurahan yaitu Cipinang Besar Selatan (Jakarta Timur), Marunda, Cilincing, dan Semper Barat (Jakarta Utara). Di 10 wilayah binaan tersebut, program PHINLA mengembangkan sistem pengelolaan sampah berbasis rumah tangga dan komunitas sesuai regulasi yang ada.

Di acara Global 6K ini, program PHINLA diwakili oleh salah satu local champions yaitu Nurpiah, Ketua Bank Sampah Kenanga yang merupakan Bank Sampah Terbaik Tahun 2022 DKI Jakarta. Ia berkomitmen untuk mengintegrasikan isu sampah dengan isu-isu lainnya seperti kesejahteraan anak dan ketersediaan air bersih.

"Memilah sampah di rumah itu sebenarnya mudah, dan bisa dilakukan oleh ibu-ibu dalam kegiatan sehari-hari. Kami di Bank Sampah Kenanga bisa berjalan lancar karena dukungan dan semangat para perempuan yang ada di RW kami," kata Nurpiah dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Selama kurang lebih tiga tahun berjalan, program PHINLA telah berhasil meningkatkan jumlah warga yang melakukan pemilahan sampah dan bergabung menjadi nasabah bank sampah. Dari 822 nasabah di pertengahan 2021, bertambah menjadi total 1.834 nasabah pada akhir 2022.

Jumlah rumah memilah sampah (sesuai Pergub DKI nomor 77 Tahun 2020) juga naik dari 634 rumah di Januari 2022, menjadi total 1.437 rumah pada November 2022. Kapasitas bank sampah juga meningkat dari 5.154 kg di pertengahan 2021, menjadi total 11.810 kg di Desember 2022. Dari 10 bank sampah dampingan program PHINLA tiga di antaranya mendapatkan penghargaan sebagai bank sampah terbaik dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2021 dan 2022.

Kampanye pengelolaan sampah oleh program PHINLA di Global 6K diakhiri dengan senam bersama diiringi jingle pengelolaan sampah buatan PHINLA yang dipimpin oleh Ibu Nurpiah. Materi kampanye PHINLA seperti jingle pengelolaan sampah, modul pelatihan bank sampah, dan materi edukasi dari rumah ke rumah tentang pemilahan sampah telah diserahterimakan ke Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan sedang dalam proses untuk disebarluaskan ke area-area lain agar semakin banyak masyarakat yang ikut dalam pengelolaan sampah baik skala lokal maupun nasional.

GLOBAL 6K “Water for Sumba” dilakukan sebagai bagian dari Kampanye Global terkait Air untuk anak-anak dan masyarakat di Sumba Barat Daya melalui kegiatan penggalangan dana melalui Charity Run. Bersama-sama dengan masyarakat publik dan mitra, Wahana Visi Indonesia mengajak calon partisipan untuk berlari bersama mengkampanyekan isu air bersih SBD sekaligus mengajak mereka untuk berkontribusi terhadap pengurangan isu stunting melalui penyediaan fasilitas dan akses air bersih.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)