Digitalisasi dan Keamanan dalam Tantangan Organisasi Bisnis

Senin, 22 Mei 2023 - 14:23 WIB
loading...
Digitalisasi dan Keamanan dalam Tantangan Organisasi Bisnis
Candra Fajri Ananda, Staf Khusus Menteri Keuangan RI. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
Candra Fajri Ananda
Staf Khusus Menteri Keuangan RI

DUNIA bisnis selalu lekat dengan perubahan. Berbagai perubahan yang terjadi akibat globalisasi telah membawa dampak pada perubahan lingkungan bisnis yang meliputi perubahan teknologi, persepsi konsumen dan persaingan baik dalam produk maupun layanan. Maka sewajarnya, jika perusahaan selalu dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produk, pelayanan, efisiensi, dan meningkatkan produktivitas.

Sejak awal revolusi industri pertama hingga revolusi industri keempat telah terjadi banyak perubahan yang signifikan dalam dunia usaha. Setiap era tentu berbeda penangannya. Kini, era industri 4.0 telah dimulai, di mana banyak standar-standar baru yang harus diketahui agar bisnis tetap bisa bertahan. Pada prinsipnya, memasuki era Revolusi Industri 4.0, perubahan yang dibawa ialah peningkatan efisiensi dalam setiap tahapan rantai nilai proses industri.

Efisiensi merupakan prinsip penting dalam dunia usaha, apalagi dengan adanya tuntutan peningkatan daya saing. Efisiensi dalam konsep ekonomi merujuk pada sejumlah konsep yang terkait dengan rasio antara output dan input, terutama dalam penggunaan, pemanfaatan seluruh sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa. Alhasil, ketika keuntungan bersih dari semua kegiatan ekonomi maksimal maka alokasi sumber daya dikatakan efisien.

Efisiensi tidak hanya mencakup dalam konteks produksi, tetapi juga dalam hal penurunan biaya operasional untuk mendapatkan output bahkan omzet tertinggi. Sehingga, perusahaan yang mampu menjalankan operasionalnya secara efisien akan lebih mudah memenangkan persaingan, terlihat market share yang terus meningkat.

Pada jangka panjang, perusahaan yang efisien akan lebih mampu untuk menghasilkan produk atau layanan yang lebih baik dan lebih murah, sehingga dapat mempertahankan pangsa pasarnya dan meningkatkan profitabilitasnya.

Teknologi dan Efisiensi
Teknologi dan produksi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan, karena sebenarnya teknologi adalah salah bagian penting dalam faktor porduksi, apalagi ketika persaingan bisnis yang semakin kompetitif.

Teknologi adalah salah satu faktor produksi yang mempunyai dampak besar terhadap keunggulan daya saing perusahaan. Keunggulan daya saing perusahaan dapat dinilai berdasarkan kriteria ekonomi dengan menggunakan ukuran-ukuran seperti efektivitas, efisiensi dan produktivitas.

Teknologi mampu menciptakan produk dengan kapasitas yang lebih besar besar, lebih hemat dan dapat melakukan fungsi dan jenis pekerjaan yang semakin beragam, sehingga mengolah data, menyimpan, menampilkan hasil olah data serta informasi menjadi semakin mudah.

Saat ini, melakukan pengembangan teknologi, terutama digitalisasi, pada beberapa bidang tertentu merupakan salah satu cara ampuh dalam meningkatkan efisiensi perusahaan. Penerapan teknologi mutlak diperlukan dalam setiap kegiatan usaha sebagai kunci dalam mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing usaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2451 seconds (0.1#10.140)