Buka Turnamen Pencak Silat Piala KSAD, Ini Sejumlah Fakta Menarik Mayjen TNI Totok Imam Santoso

Senin, 22 Mei 2023 - 14:10 WIB
loading...
Buka Turnamen Pencak Silat Piala KSAD, Ini Sejumlah Fakta Menarik Mayjen TNI Totok Imam Santoso
Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso membuka Open Tournament Pencak Silat Piala KSAD Tahun 2023 pada Jumat, (19/5/2023). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso membuka Open Tournament Pencak Silat Piala KSAD Tahun 2023 pada Jumat, (19/5/2023). Dalam riwayatnya, sosok Totok Imam Santoso memang cukup lekat kaitannya dengan silat.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI AD, Senin (22/5/2023), Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala KSAD ini diikuti ratusan peserta dan official tim yang berasal dari Sulsel, Sulbar, dan Sultra.


Fakta Menarik Sosok Mayjen TNI Totok Imam Santoso

1. Pendekar Silat

Sosok Totok Imam Santoso memang tidak bisa dilepaskan dari seni bela diri silat. Pada sambutannya di pembukaan Open Tournament Pencak Silat KSAD Tahun 2023 beberapa waktu lalu, Totok sempat menyampaikan bahwa dirinya telah lama menekuni silat.

Sekitar tahun 1980, dia telah menjadi siswa Pencak Silat. Kemudian, Totok juga disahkan menjadi pendekar sejak tahun 1985. Tak hanya itu, Pangdam Hasanuddin ini juga menyebut dirinya telah banyak menempati jabatan terkait di IPSI Pusat, IPSI DKI, dan lainnya.

2. Turun Gunung Setelah 38 Tahun

Pada event Sulseltrabar Open Pencak Silat Piala KSAD 2023, Totok sempat menarik perhatian pasca ikut turun ke gelanggang dan menampilkan teknik-tekniknya.

Momen tersebut seakan membuat Totok Imam Santoso turun gunung usai 38 tahun gantungkan sabuk. Penampilannya pun mendapat banyak pujian dari ribuan penonton yang hadir.


3. Jenderal Bintang 2 TNI AD

Di samping kepiawaiannya dalam silat, Totok Imam Santoso merupakan salah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Darat. Jebolan Akmil tahun 1989 ini telah menyandang pangkat bintang dua alias Mayor Jenderal.

Saat ini, jabatan yang ditempatinya adalah Panglima Kodam XIV/Hasanuddin. Sebelumnya, sejumlah posisi strategis lain juga pernah ditempati Totok. Sebut saja seperti Kapusjianstra TNI (2018-2020), Gubernur Akmil (2020-2021), hingga Danpussenarmed Kodiklatad (2021-2022).

4. Memiliki Gelar Doktor Ilmu Komunikasi

Di luar pendidikan militernya, Totok Imam Santoso diketahui telah meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi. Gelar ini diraihnya pada 31 Mei 2022 di Universitas Sahid setelah menempuh sekitar 3,5 tahun perjuangan kuliah.

Pada program doktoral ini, Totok Imam Santoso menulis disertasi berjudul Komunikasi Instruksional di Lembaga Pendidikan Menuju Center of Excellence (Studi Kasus di Lemdik Akademi Militer Magelang).

Itulah sejumlah fakta menarik dari Mayjen TNI Totok Imam Santoso.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9601 seconds (0.1#10.140)