Kemendes PDTT Matangkan Konsep Transmigrasi Transpolitan

Selasa, 16 Mei 2023 - 18:21 WIB
loading...
Kemendes PDTT Matangkan Konsep Transmigrasi Transpolitan
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam pembukaan Rakornas Transmigrasi 2023 di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Selasa (16/5/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT ) mematangkan konsep transmigrasi transpolitan yang sedang dikembangkan bersama pakar akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam konsep ini, transmigrasi berbasis ekonomi digital dan bertumpu pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Transpolitan sendiri adalah sebuah konsep transmigrasi modern berbasis kolaborasi pentahelix profesional dan penerapan teknologi. Warga transmigran nantinya dibekali dengan berbagai teknologi terkini agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Hal ini disampaikan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam pembukaan Rakornas Transmigrasi 2023 di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Selasa (16/5/2023). Menurutnya, pelaksanaan rakornas sangat penting untuk menghasilkan output dan rekomendasi untuk pengembangan program transmigrasi dalam 5 tahun hingga 20 tahun mendatang.



"Rakornasi ini amat sangat penting karena bersentuhan langsung dengan penyusunan RPJMN dan RPJP. Dan ini akan sangat memberi warna bagi program transmigrasi di lima tahun sampai 20 tahun yang akan datang," kata Gus Halim, panggilan akrabnya.

Senada dengan Gus Halim, Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Danton Ginting Munthe menyampaikan, rakornas transmigrasi fokus menghasilkan output berupa ringkasan kebijakan (policy brief) yang dapat dijadikan acuan bagi pemerintah periode mendatang terhadap program transmigrasi. Ringkasan kebijakan yang dihasilkan merupakan buah pikir dari berbagai pihak, antara lain pemerintah lintas sektor dan akademisi dari UGM.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengapresiasi konsep transmigrasi modern transpolitan yang dikembangkan Kemendes PDTT.

"Hari ini tadi kita menyaksikan penandatanganan pihak swasta dengan pemerintah untuk terlibat. Ke depan pemerintah tidak mungkin sendiri hanya mengandalkan APBN. Tentu kita harus inovatif dan kreatif," kata Cak Imin saat menjadi keynote Speech dalam

Menurut Cak Imin, salah satu faktor keberhasilan transmigrasi adalah keterlibatan dunia bisnis dan swasta. Pengembangan kawasan transmigrasi selama ini telah banyak membuka peluang bagi dunia bisnis untuk berinvetasi di wilayah-wilayah tersebut.

"Saya menyaksikan berbagai kemajuan transmigrasi salah satunya adalah keterlibatan dunia bisnis dan usaha," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)