BKSAP DPR Minta Alutsista Kontingen Garuda di Lebanon Diperkuat

Senin, 15 Mei 2023 - 21:37 WIB
loading...
BKSAP DPR Minta Alutsista Kontingen Garuda di Lebanon Diperkuat
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Rudana Supadma meminta alat utama sistem persenjataan (alutsista) Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon diperkuat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana meminta alat utama sistem persenjataan (alutsista) Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon diperkuat. Dia berharap, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan dukungan kepada Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon.

Hal ini disampaikan Putu selaku ketua delegasi saat melakukan pertemuan dengan Prajurit Pasukan Garuda Indonesia Battalion (Indobatt) di Lebanon. Turut hadir Ketua BKSAP DPR Fadli Zon, para Wakil Ketua BKSAP DPR, serta para anggota BKSAP.

"Kami berharap kunjungan dari Presiden RI sangat penting untuk memberikan dukungan penuh kepada Kontingen Garuda Indobatt kita di bawah UNIFIL, tentu bersama Menhan," kata Putu melalui keterangannya, Senin (15/5/2023).



Menurut politikus Demokrat ini, Kontingen Garuda Indobatt menjadi garda terdepan dalam menjaga dan menjalankan misi perdamaian di bawah UNIFIL. Sehingga, Kontingen Garuda Indobatt perlu didukung secara penuh oleh pemerintah maupun parlemen.

"Kedatangan kami ingin mengapresiasi secara langsung seluruh Kontingen Garuda Indobatt, yang bergabung menjadi bagian dari UNIFIL. Kontingen Garuda perlu didukung penuh dalam peningkatan alutsista, perlengkapan dan berbagai kebutuhan, khususnya kendaraan juga peremajaan genset," jelasnya.

Dia menjelaskan, BKSAP DPR melakukan kunjungan ke Parlemen Lebanon untuk menyampaikan dukungan bagi penyelesaian berbagai persoalan dalam negeri Lebanon, serta mendiskusikan berbagai potensi kerja sama yang bisa dilakukan.

"Secara garis besar, kedatangan kami untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Lebanon yang sudah berjalan sekitar 70 tahun," ujar legislator asal Bali ini.

Pada tingkat global, Putu menjelaskan, BKSAP DPR menjadi member dari IPU Task Force untuk resolusi perdamaian konflik Rusia-Ukraina. Saat ini, DPR dan Parlemen Lebanon sama-sama merupakan Anggota Asian Parliamentary Assembly (APA) dan Inter-Parliamentary Union (IPU).

"DPR RI terus meningkatkan perannya untuk berkontribusi pada perdamaian dunia, termasuk di wilayah Timur Tengah. Karena peran diplomasi parlemen sangat penting untuk menjembatani berbagai kepentingan nasional, sesuai amanat UU MD3 Nomor 17 tahun 2014 sebagai wujud implementasi UUD RI 1945," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)