Hadapi Peta Politik 2024, Megawati Siapkan Regenerasi Total di PDIP

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:38 WIB
loading...
Hadapi Peta Politik 2024, Megawati Siapkan Regenerasi Total di PDIP
Hadapi Peta Politik 2024, Megawati Siapkan Regenerasi Total di PDIP
A A A
JAKARTA - PDI Perjuangan sebagai partai politik ( parpol ) pemenang Pemilu 2019 siap melakukan regenerasi total dalam menghadapi peta politik 2024. Langkah awal yang dilakukan yaitu dengan menyiapkan kantor partai di berbagai daerah.

”Saudara-saudara, kita akan melakukan sebuah regenerasi. Dapat dikatakan total pada 2024. Oleh sebab itu, betapa perlunya kita punya kantor-kantor partai yang seperti tadi saya katakan bahwa untuk kita melakukan konsolidasi dan bertemu langsung dengan rakyat yang memerlukan bantuan,” ujar Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di sela penandatanganan 20 prasasti kantor PDIP tingkat provinsi (DPD) dan kabupaten/kota (DPC) secara virtual, Rabu (22/7/2020). (Baca juga: Mega Resmikan 20 Kantor Partai, PDIP: Jadi Pusat Pendidikan Politik)

Megawati mengaku optimistis PDIP bisa hidup terus di dalam hati rakyat dan secara fisik bersama rakyat. Bahkan, Megawati menyebut keinginannya agar negeri ini akan hidup lebih 1.000 tahun lagi. Menurut dia, PDIP sebagai parpol merupakan alat perjuangan bagi negara, seperti halnya keberadaan Amerika Serikat (AS) yang sudah berdiri lebih dari 200 tahun dan masih memiliki Partai Demokrat dan Partai Republik yang juga masih eksis hingga saat ini.

Karena itu, Megawati menginstruksikan bahwa kantor partai adalah rumah rakyat yang harus dijaga, dipelihara untuk bisa melangsungkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Juga untuk rapat partai sehingga konsolidasi terus mengalir dan berjalan dengan baik. (Baca juga: Survei Charta Politika, Emil Teratas Diikuti Ganjar dan Anies)

Menurut Presiden ke-5 RI ini, fungsi kerakyatan dari kantor partai itu makin mendesak. Apalagi di saat pandemi Covid-19, partainya harus bisa hadir membantu rakyat yang merasakan kesulitan ekonomi. ”Saya sudah mengatakan bagaimana kita harus menyediakan payung sebelum hujan,” tandasnya.

Megawati juga meminta kepada kader PDIP untuk bergerak menjadi partai pelopor, menjadi obor yang terus menyala bagi masyarakat di sekitarnya. ”Jadikan partai ini adalah partai pelopor. Sebuah nyala, obor yang terus menyala dan memberi tuntunan bagi rakyat kita,” kata Megawati.

Menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang besar yang tidak pernah menyerah, meski selama 350 tahun dijajah hingga akhirnya merdeka. ”Kalangan anak muda harusnya tahu sejarah bangsanya, harus tahu bagaimana perjuangan bangsa kita untuk mencapai kemerdekaan. Karena 2024 adalah peralihan generasi, harus dicamkan bagi seluruh Tiga Pilar Partai bahwa kita harus terus berjuang dengan rakyat,” ungkap Megawati.

PDIP meresmikan empat kantor partai untuk tingkat provinsi, yakni kantor DPD Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Jambi, dan DPD PDIP Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu, ada 16 kantor partai tingkat kabupaten/kota.

Yakni, DPC Kabupaten Karangasem, Klungkung, Katingan, Gunung Mas, Kota Palangkaraya, Kota Palu, Sorong, Kabupaten Pasuruan, Sikka, Banggai, Bangai Laut, Kota Mataram, Sarolangun, Kulon Progo, Banyuwangi dan Tuban.

Sekjen PDIP Hasto Krisiyanto mengatakan, peresmian kantor partai ini bentuk komitmen partai untuk selalu hadir di tengah masyarakat. “Kantor partai tidak persoalan fisik bangunan semata tapi ada aktivitas dan jiwa di dalamnya. Sebab partai tidak hadir hanya saat jelang pilkada, pemilu legislatif, ataupun pemilihan presiden saja," ucap Hasto.

Ditambahkan Hasto, kantor partai adalah rumah rakyat yang penting sebagai rumah aspirasi rakyat, pusat pendidikan kader dan dapur kebudayaan guna memperkuat kepribadian bangsa yang penuh dengan nilai spiritualitas, rasa cinta pada Tanah Air dan toleransi.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)