Perindo Daftarkan Caleg ke KPU Hari Ini, Pengamat: Peluang Lolos ke Parlemen Terbuka Lebar

Minggu, 14 Mei 2023 - 06:04 WIB
loading...
Perindo Daftarkan Caleg ke KPU Hari Ini, Pengamat: Peluang Lolos ke Parlemen Terbuka Lebar
Partai Perindo hari ini akan mendaftarkan ratusan calegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai Perindo dinilai memiliki peluang besar lolos ke DPR-RI. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) hari ini, Minggu (14/5/2023), secara resmi akan mendaftarkan ratusan calegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai Perindo dinilai memiliki peluang besar lolos ke DPR-RI.

"Peluang Perindo tetap terbuka lebar menjadi partai parlemen, yang sebelumnya masih menjadi partai non-parlemen," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago saat dikonfirmasi.

Kuncinya, kata Pangi, Partai Perindo harus memastikan dan mengunci sosok caleg DPR RI yang memiliki kapasitas dan pengalaman yang serta basis massa yang konkret.


"Sejauh caleg DPR RI bagus dan punya rekam jejak yang bagus dan dipilih rakyat, sejauh itu juga Perindo punya peluang untuk lolos," kata Pangi.

Menurut Pangi, Perindo merupakan partai non-parlemen yang paling potensial lolos ke Senayan. Apalagi, kata Pangi, banyak sejumlah tokoh-tokoh potensial yang kini sudah bergabung ke Perindo, partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024.

"Saya pikir Perindo lebih percaya diri dan lebih yakin dibandingkan lima tahun yang lalu. Ada menawarkan harapan, harapan lolos menjadi partai parlemen," tandasnya.



Pangi mengatakan, banyak tokoh, orang-orang berpengaruh, pensiunan, publik figur, mantan kepala daerah, tokoh agama berpengaruh, dan tokoh adat yang belakangan berbondong-bondong bergabung ke Partai Perindo. Hal ini menjadi modal penting dan kekuatan Partai Perindo untuk lolos ke Senayan.

Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, partainya akan mendaftarkan sebanyak 580 nama caleg ke KPU. Pendaftaran akan dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB.

"Tentunya kami nanti akan menyampaikan 580 bacaleg kepada KPU dari seluruh dapil. Insya Allah kita akan mendaftarkan ke KPU pukul 16.00 WIB," kata Ferry.

"Kami mendaftarkan di waktu sesuai nomor urut Perindo, yakni 16. Kami berharap seluruhnya terverifikasi dengan baik," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)