Jadi Caleg DPR, Pinka Hapsari Putri Puan Maharani Pernah 3 Hari Nginep di Sekolah Partai

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:58 WIB
loading...
Jadi Caleg DPR, Pinka Hapsari Putri Puan Maharani Pernah 3 Hari Nginep di Sekolah Partai
Ketua DPR Puan Maharani bersama keluarga saat ziarah ke makam sang ayah, Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Foto/Instagram Puan
A A A
JAKARTA - Putri Ketua DPR Puan Maharani , Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau Pinka Hapsari menjadi salah satu bakal calon anggota legislatif ( caleg ) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu telah mendaftarkan 580 caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5/2023).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memastikan partainya turut melibatkan kalangan muda untuk ikut serta mencalonkan dirinya sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg). Salah satu kalangan muda yang turut serta adalah Pinka Hapsari.

Hasto menyampaikan bahwa, Pinka Hapsari bagian dari kalangan muda yang masuk daftar bacaleg DPR karena sudah mengikuti pengkaderan. Bahkan, kata dia, Pinka Hapsari sampai menginap tiga hari di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan bersama rekan separpol demi menjalani pengkaderan.





"Ada Mbak Pinka yang memang telah mengikuti proses kaderisasi, tinggal di Sekolah Partai selama tiga hari. Mereka yang telah mengikuti itu, dicalonkan, termasuk ada Aryo Seno Bagaskara, itu masih mahasiswa. Itu juga dicalonkan, itu satu angkatan pendidikan politik bersama dengan Mbak Pinka," kata Hasto keterangannya yang dikutip Jumat (12/5/2023).

Namun, Hasto tak membeberkan lebih jauh perihal daerah pemilihan (dapil) yang menjadi lokasi Pinka Hapsari berkontestasi dalam Pemilu 2024. Dia mengatakan, PDIP dalam melakukan rekrutmen, mencari para calon yang bisa berasal dari mana pun.

Keluarga menjadi salah satu lingkungan utama yang menjadi bagian dari pendidikan politik. Sehingga, kata dia, para calon juga bisa muncul dari lingkungan keluarga yang berkecimpung di politik, seperti keluarga Puan Maharani.

Hasto menyebut, fenomena politik seperti ini merupakan hal yang lumrah dan terjadi di berbagai negara. "Itu suatu kultur yang terbangun tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat, di Singapura, di Eropa, itu partai politik yang menjadi pilar demokrasi itu melakukan rekrutmen dari keluarga, meskipun kami juga membuka diri terhadap tokoh-tokoh yang mau bergabung," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)