Didukung Nahdliyin dan Logistik Kuat, Erick Thohir Teratas Bursa Cawapres PDIP

Jum'at, 12 Mei 2023 - 01:46 WIB
loading...
Didukung Nahdliyin dan Logistik Kuat, Erick Thohir Teratas Bursa Cawapres PDIP
Menteri BUMN, Erick Thohir masuk dalam jajaran teratas bursa cawapres dari PDI Perjuangan untuk Pilpres 2024 mendatang. Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir masuk dalam jajaran teratas bursa calon wakil presiden (cawapres) dari PDI Perjuangan untuk Pilpres 2024 mendatang. Keanggotaan Erick Thohir di Barisan Serbaguna Ansor (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) dan kekuatan logistik menjadi daya tarik utama.

“Erick Thohir dekat dengan Banser dan memiliki sumber daya ekonomi yang sangat kuat untuk pilpres. Ada kemungkinan PDI Perjuangan akan memilih Erick Thohir,” ungkap pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat kepada wartawan Kamis (11/5/2023).

Erick Thohir merupakan kandidat kuat dalam bursa cawapres sebagai kader NU. Di samping Anggota Kehormatan Banser, salah satu menteri andalan Presiden Jokowi ini juga telah berhasil menjalankan amanah sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Berkat kepemimpinan Erick Thohir penyelenggaraan acara peringatan 1 Abad NU terselenggara secara meriah dan sukses.


Cecep melihat Erick mampu melengkapi Ganjar Pranowo dan mewujudkan keinginan PDI Perjuangan untuk mengusung kombinasi pemimpin nasionalis-religius.

Selain itu, lanjut dia, Erick juga gencar didukung oleh partai bercorak Islam yakni PAN. Bahkan PAN merupakan partai pertama yang mengusulkan terjadinya kombinasi Ganjar Pranowo-Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang saat Rakornas pada Februari lalu.

“Memang keberadaan cawapres sangat penting yang merepresentasikan kelompok Islam. Erick ada representasi dari PAN dan Banser,” ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)