Nama Kepala BP2MI Dicatut untuk Memeras Perusahaan Pengirim PMI Ilegal

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:25 WIB
loading...
Nama Kepala BP2MI Dicatut untuk Memeras Perusahaan Pengirim PMI Ilegal
Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengungkapkan namanya beserta beberapa staf dicatut oleh seseorang untuk memeras dua perusahaan swasta yang digerebek pada Jumat (17/7/2020). FOTO/DOK.BNPB
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengungkapkan namanya beserta beberapa staf dicatut oleh seseorang untuk memeras dua perusahaan swasta yang digerebek pada Jumat (17/7/2020). Pelaku diduga berhasil memperoleh uang sebesar Rp30 juta.

"Meminta masyarakat agar berhati-hati jika ada orang atau oknum yang meminta-minta uang dengan nama pribadi saya atau BP2MI . Saya tegaskan bahwa itu tidak benar dan hanya modus penipuan," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (22/7/2020).

Seperti diketahui, BP2MI telah mengungkapkan dugaan praktik penampungan dan rencana pengiriman pekerja ke luar negeri di sebuah apartemen di Bogor, Jawa Barat. Dalam penggerebekan itu, BP2MI menemukan 19 calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal.( )

Berdasarkan penelusuran, para calon PMI diduga akan diberangkatkan oleh PT Duta Buana Bahari dan Nadies Citra Mandiri. BP2MI pun melaporkan dua perusahaan itu ke Bareskrim Polri dengan sangkaan dugaan tindak pidana perdagangan orang.

"Seorang yang telah melakukan penipuan tersebut terkait dengan peristiwa penggerebekan yang telah dilakukan BP2MI terhadap dua perusahaan swasta yang akan mengirimkan 19 calon PMI ke Thailand. Perusahaan itu akan memberangkatkan calon PMI secara nonprosedural," katanya.

Atas peristiwa penipuan ini, Benny menyatakan telah membuat laporan ke Sentra Layanan Pengaduan Masyarakat Polda Metro Jaya pada 22 Juli 2020. BP2MI berharap kepolisian segera melakukan penyelidikan sampai tuntas. Tindakan penipuan ini telah mencemarkan Benny dan BP2MI secara kelembagaan.( )

Ada satu petunjuk yang mungkin bisa membantu kepolisian, yakni bukti transfer dan nomor telepon pelaku. Benny menyatakan tidak akan gentar dalam menghadapi pihak-pihak yang tidak sejalan BP2MI.

BP2MI berkomitmen untuk memberantas sindikat pengiriman PMI ilegal. BP2MI tidak akan pandang bulu dalam menindak para pelaku kejahatan pengiriman pekerja ke luar negeri secara ilegal.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)