Mengenal Jenderal Bintang 2 yang Bertugas di Kodiklatad

Selasa, 09 Mei 2023 - 22:02 WIB
loading...
Mengenal Jenderal Bintang...
Terdapat dua jenderal TNI bintang 2 yang saat ini tengah bertugas di kodiklatad. Salah satunya Mayor Jenderal TNI Tjaturputra Gunadi. Foto DOK Kodam II Sriwijaya
A A A
JAKARTA - Terdapat dua jenderal TNI bintang 2 yang saat ini tengah bertugas di Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau kodiklatad . Salah satu di antaranya menjabat sebagai wakil komandan.

Kodiklatad merupakan Komando Utama pembinaan TNI Angkatan Darat yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan bertempat di Bandung.

Sejak awal pembentukannya, salah satu Komandan Pembinaan TNI AD ini telah diisi perwira tinggi (pati) TNI dengan pangkat yang berbeda. Termasuk jenderal bintang dua.



Berikut dua jenderal TNI bintang 2 yang saat ini bertugas di Kodiklatad:

1. Candra Wijaya

Mayor Jenderal TNI Candra Wijaya salah satu perwira tinggi TNI yang saat ini bertugas di Kodiklatad. Sejak 25 Maret 2022 lalu, ia mengemban amanat sebagai Wakil Komandan Kodiklat TNI AD.

Dalam riwayatnya, pria kelahiran 8 Oktober 1969 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991 dari kecabangan Artileri Pertahanan Udara. Jabatan Candra sebelum menjadi Wadan Kodiklat Ad adalah Asrena Kasad.

Selain itu, selama berkarier di militer jenderal bintang dua ini juga telah menduduki beberapa posisi penting TNI AD. Beberapa diantaranya seperti, Kadispenad, Kasdam IX/Udayana, Gubernur Akmil, Asrena Kasad dan Wadan Kodiklat Ad.

Sebagai seorang jenderal bintang dua sekaligus menjabat sebagai wakil komandan, Candra Wijaya juga telah memperoleh banyak brevet penghargaan seperti, Brevet Master Gunner Arhanud, Brevet Korps Artileri Pertahanan Udara dan Brevet Para Dasar.


2. Tjaturputra Gunadi Genah

Mayor Jenderal TNI Tjaturputra Gunadi Genah juga merupakan jenderal TNI bintang dua yang saat ini bertugas di Kodiklatad. Sejak 27 Juni 2022 lalu, ia mengemban amanat sebagai Inspektur Kodiklatad.

Pria kelahiran 9 September 1967 ini merupakan senior dari Mayjen. Candra Wijaya. Dalam riwayat pendidikannya, Gunadi lulus Akademi Militer tahun 1989 dari kecabangan Infanteri (Kostrad).

Sejak aktif di militer, Gunadi juga pernah menduduki posisi penting TNI AD. Sebut saja seperti Pamen Denma Mabesad, Kasdivif 2/Kostrad, Irdam V/Brawijaya dan Ir Kodiklatad.
(bim)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)