PSMTI Pusat Bersama PSMTI DKI Jakarta Gandeng Marga-marga Lakukan Upacara Penghormatan Leluhur

Senin, 08 Mei 2023 - 20:30 WIB
loading...
PSMTI Pusat Bersama PSMTI DKI Jakarta Gandeng Marga-marga Lakukan Upacara Penghormatan Leluhur
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Pusat, PSMTI DKI Jakarta, dan perkumpulan marga-marga menyelenggarakan upacara penghormatan leluhur keluarga Tionghoa. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Pusat, PSMTI DKI Jakarta, dan perkumpulan marga-marga menyelenggarakan upacara penghormatan leluhur keluarga Tionghoa.

Gelaran upacara tersebut dihelat di Sun City Restaurant, Gedung LTC Glodok, Jakarta Barat pada Minggu 7 Mei 2023 dengan menggandeng Konsulat Jenderal (Konjen) Kedutaan Besar Republik Rakyat China (Kedubes RRC) untuk Indonesia.



Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta mengatakan upacara ini dilakukan dengan menyalakan lentera berwarna merah sebagai simbol harapan agar Indonesia maju dan sejahtera. Setelah itu, Wilianto menuturkan kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan naskah penghormatan kepada leluhur yang dibacakan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin.

"Selama upacara berlangsung, sangat terasa sekali, suasana yang sakral dan harmonis, untuk itu saya ucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada Panitia,” ujar Wilianto saat menyampaikan sambutan, Senin (8/5/2023).

Maka dari itu, Wilianto juga menyampaikan agar masyarakat Tionghoa di Indonesia dapat semakin mempererat persatuan antar sesama marga. Ia menilai kunci untuk memperkuat persatuan adalah selalu menciptakan hubungan yang harmonis.

“Perkumpulan atau seseorang hanya dapat berkembang dan tumbuh hingga mencapai kesejahteraan apabila lingkungan sekitarnya harmonis," katanya.

"Kami mengajak warga Tionghoa semuanya untuk membangun keharmonisan dan Persatuan Keluarga Besar Suku Tionghoa di Indonesia agar kita semua terutama organisasi–organisasi marga tumbuh berkembang hingga mencapai kesejahteraan," sambung Wilianto

Sementara itu, Konsulat Jenderal dari Kedutaan Besar Republik Rakyat China (RRC) Cai Zhi Feng menyampaikan rasa bahagianya dapat berkumpul guna menghormati dan mengenang jasa para leluhur dari marga-marga Tionghoa di Indonesia.

"Para marga Tionghoa Indonesia tidak pernah melupakan akar leluhur mereka dan selalu tetap menghormati sekaligus melanjutkan nilai kebajikan dan kebudayaan para leluhur,” jelas Cai Zhi Feng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)