Survei SPIN: Mayoritas Publik Yakin Jokowi Endorse Prabowo

Senin, 08 Mei 2023 - 16:14 WIB
loading...
Survei SPIN: Mayoritas Publik Yakin Jokowi Endorse Prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mayoritas publik meyakini Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memberikan dukungan atau endorse kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN). Survei SPIN ini dilakukan pada 27 April-4 Mei 2023 dengan menggunakan wawancara via sambungan telepon.

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menyampaikan bahwa lembaganya coba mengukur sebesar besar publik tahu Presiden Jokowi memberikan dukungan terbuka terhadap capres tertentu.

"Nah ternyata sebagian besar publik, 88,8% bahwa di dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi itu menunjukkan dukungannya terhadap Prabowo maupun Ganjar. Jadi hanya 19,7% publik yang enggak tahu," kata Igor saat memaparkan hasil surveinya secara daring, Senin (8/5/2023).





SPIN juga menanyakan persepsi publik atau responden tentang siapa tokoh dari kedua nama tersebut yang diyakini akan didukung oleh Presiden Jokowi sebagai capres di 2024. "Sebagian besar publik, 49,8% mengatakan Pak Jokowi mengendorse Pak Prabowo sebagai capres dibandingkan 38,9% Pak Jokowi mendukung Pak Ganjar," ujarnya.

Adapun pengambilan sampel dalam survei ini dilakukan dengan metode random digital dialing simple random sampling. Jumlah responden yang dipilih dalam survei ini sebanyak 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Sedangkan margin of error yang diterapkan sebesar sekitar 2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)