Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi

Minggu, 07 Mei 2023 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, Novi Helmy juga pernah bertugas di lingkaran Presiden dengan menjabat sebagai Kasiops Grup A Paspampres, Wadandenpam Paspampres, Wadan Grup B Paspampres, hingga Komandan Group (Dangrup) D Paspampres pada 2013-2015.

Karier militernya terus menanjak, dia kemudian dipercaya menjadi Aspers Kaskogabwilhan III dan Pangdivif 3/Kostrad sebelum akhirnya diangkat menjadi Pangdam Iskandar Muda hingga sekarang.

Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi

4. Mayjen TNI Tri Budi Utomo

Sosok Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat ini menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman. Lulusan Akmil 1994 dari satuan Infanteri Kopassus ini tercatat sebagai Pangdam termuda saat ini.

Karier pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 6 Februari 1971 ini terbilang cukup cemerlang. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Gultor 81 Kopassus, salah satu unit pasukan elite di Korps Baret Merah. Namanya semakin dikenal kala menjabat sebagai Komandan Grup (Dangrup) A Paspampres di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat itu, Tri menggantikan Kolonel Inf Mohamad Hasan.

Sempat menjabat sebagai Danrem 052/Wijayakrama dan kembali ke Korps Baret Merah dengan menjabat sebagai Wadanjen Kopassus, Tri Budi Utomo kembali dipercaya menjaga keamanan dan keselamatan Presiden Jokowi dengan diangkat menjadi Danpaspampres.

Selama bertugas di lingkaran Istana, Tri Budi Utomo menjadi perisai hidup Presiden Jokowi saat mengunjungi sejumlah negara yang tengah berkonflik. Di antaranya, saat Jokowi mengunjungi Afganistan pada Januari 2018. Termasuk lawatannya ke Ukraina yang tengah dilanda perang dengan Rusia pada Juni 2022.

Pada Senin, 27 Juni 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerbitkan surat keputusan dengan nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Surat tersebut berisi pergantian Danpaspampres yang sebelumnya dijabat Mayjen Tri Budi Utomo kepada penggantinya Mayjen Wahyu Hidayat Sudjatmiko. Selanjutnya, Tri Budi Utomo diangkat menjadi Pangdam VI/Mulawarman hingga saat ini.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)