Survei LSI: Prabowo-Erick Thohir Jadi Duet Terkuat di Pilpres 2024

Jum'at, 05 Mei 2023 - 22:27 WIB
loading...
Survei LSI: Prabowo-Erick Thohir Jadi Duet Terkuat di Pilpres 2024
Simulasi pasangan Pilpres 2024 yang dilakukan LSI menempatkan duet Prabowo Subianto-Erick Thohir unggul jauh dengan pasangan Anies Baswedan-AHY. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Simulasi pasangan Pilpres 2024 yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan duet Prabowo Subianto - Erick Thohir unggul jauh dengan pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keduanya potensial menjadi duet terkuat untuk pilpres mendatang.

Tercatat pada simulasi tertutup dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo-Erick Thohir berada di posisi teratas. Keduanya mampu mengalahkan pasangan Anies-AHY bila pemilihan dilakukan pada waktu sekarang.



"Kalau pasangan Prabowo-Erick Thohir yang maju berhadapan dengan Anies-AHY," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Jumat (5/5/2023).



Hasil survei LSI menunjukkan Prabowo-Erick Thohir berhasil menang dengan perolehan angka sebesar 48,6%. Sedang pasangan Anies-AHY hanya menempati posisi dua dengan hanya memperoleh raihan sebanyak 37,9%.

Elektabilitas duet Prabowo-Erick Thohir, kata dia, tumbuh perkasa menjelang pelaksanaan pada Pilpres 2024. Keduanya perkasa berada di puncak kemenangan Pilpres 2024 melawan Anies-AHY jika pemilihan dilakukan pada saat sekarang.

"Jarak elektabilitas keduanya menempatkan Prabowo-Erick Unggul," kata Djayadi.

Dia menerangkan persentase kemenangan Prabowo-Erick Thohir terhadap Anies-AHY cukup unggul jauh. Jarak di antara kedua pasangan ini bahkan mencapai angka sebesar 10%.

"Keduanya berada di angka sekitar 10 persen lebih. Jarak gap 10 persen lebih," jelas Djayadi.



Survei LSI dilakukan pada priode 12-17 April 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)