Menangkan Ganjar di Pilpres 2024, PDIP Gelar Konsolidasi Akbar di Jawa Timur

Kamis, 04 Mei 2023 - 08:19 WIB
loading...
Menangkan Ganjar di...
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyalami Ganjar Pranowo yang ditetapkan sebagai capres yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024. FOTO/DOK.PDIP
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) akan menggelar konsolidasi akbar di Jawa Timur. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang diusung PDIP di Pilpres 2024.

"Ibu Megawati Soekarnoputeri telah memutuskan Ganjar Pranowo menjadi Calon Presiden 2024-2029 dari PDI Perjuangan. Demi mengamankan keputusan itu, kami akan melakukan konsolidasi akbar," kata Plt DPD PDIP Jawa Timur Said Abdullah dalam keterangan tertulis, Kamis (4/5/2023).

Konsolidasi akbar yang akan digelar Sabtu (6/5/2023) di Surabaya, diikuti segenap slagorde (susunan pasukan) partai, dari mulai pengurus DPD, DPC, kepala daerah hingga anggota DPR dan DPRD provini/kabupaten/kota di Jawa Timur. Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir dalam konsolidasi itu.



"Ganjar Pranowo akan membakar semangat juang dari kekuatan inti tiga pilar PDI Perjuangan Jatim yang berjumlah 1.560 orang. Mereka akan menjadi ujung tombak pemenangan Ganjar Pranowo di Jawa Timur," kata Said.

Dalam konsolidasi tersebut, DPD PDIP Jawa Timur akan membagi tugas dan target pemenangan Ganjar Pranowo di masing masing wilayah. "Pembagian ini berdasarkan hasil pemetaan dan survei, sehingga kerja politik kami kombinasi antara soliditas tiga pilar dan kader partai, militansi setiap kader dan simpatisan PDI Perjuangan, dengan kerja kerja perhitungan politik secara sistematis, terstruktur dan rasional," ujarnya.

PDIP sendiri menargetkan Ganjar Pranowo memperoleh 60% suara warga Jawa Timur di Pilpres 2024. "Kami optimis bisa menyumbangkan kemenangan Ganjar Pranowo di Jawa Timur pada Pilpres Februari 2024 nanti minimal 60%," ujar Said.

Untuk diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah ditetapkan sebagai capres 2024 oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pengumuman Ganjar sebagai capres PDIP dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).



Sejumlah partai lain juga telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar di Pilpres 2024 tapi baru Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang secara resmi bekerja sama dengan PDIP.

Partai politik lainnya seperti Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN), masih terus menggodok peluang kerja sama dalam Koalisi Besar. Nama Prabowo Subianto sebagai salah satu nama bakal capres yang berpotensi maju.

Sedangkan Anies Baswedan hingga saat ini masih didukung tiga partai politik yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)