3 KSAD dengan Masa Jabatan Tersingkat Sedekade Terakhir, 2 di Antaranya Melenggang Jadi Panglima TNI

Rabu, 03 Mei 2023 - 16:01 WIB
loading...
3 KSAD dengan Masa Jabatan Tersingkat Sedekade Terakhir, 2 di Antaranya Melenggang Jadi Panglima TNI
Terdapat sekitar tiga KSAD yang memiliki masa jabatan tersingkat dalam satu dekade terakhir atau kurun 10 tahun ke belakang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sekitar tiga KSAD yang memiliki masa jabatan tersingkat dalam satu dekade terakhir atau kurun 10 tahun ke belakang. Beberapa di antaranya diketahui sukses melenggang jadi Panglima TNI .

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) merupakan pejabat tertinggi di lingkungan TNI AD. Pada tugasnya, seorang KSAD bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

Melihat sejarahnya, jabatan KSAD telah dipegang banyak perwira terbaik TNI. Beberapa di antaranya ada yang menjabat dalam waktu lama, serta ada juga sebagian lain yang mengabdi hanya sebentar.



Berikut tiga KSAD dengan masa jabatan tersingkat dalam satu dekade terakhir.

Daftar KSAD dengan Jabatan Tersingkat Sedekade Terakhir

1. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko merupakan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat masih aktif di militer, tercatat jenderal bintang empat ini telah banyak menduduki jabatan penting.

Pada tahun 2013, Moeldoko ditunjuk sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Mengutip Antara, saat itu pelantikannya berlangsung dipimpin langsung Presiden SBY pada Rabu, (22/5/2013).

Namun, jabatan tersebut hanya didudukinya dalam waktu yang relatif singkat atau sekitar 3 bulan saja. Pada 30 Agustus 2013, Moeldoko ditunjuk menggantikan Jenderal Agus Suhartono sebagai Panglima TNI.

Jabatannya sebagai Panglima TNI bertahan sampai pertengahan tahun 2015. Saat itu, Moeldoko digantikan oleh Gatot Nurmantyo.

2. Jenderal TNI (Purn) Budiman

Berikutnya ada nama Jenderal TNI (Purn) Budiman. Serdadu kelahiran 25 September 1956 ini tercatat sebagai lulusan terbaik Akabri 1978 dan meraih penghargaan Adhi Makayasa serta Tri Sakti Wiratama.

Pada sepak terjangnya di militer, Budiman telah banyak mencicipi posisi strategis. Sebut saja seperti Pangdam IV/Diponegoro (2009), Dankodiklat TNI AD (2010), Wakasad (2011), Sekjen Kemhan (2013), hingga KSAD (2013).

Budiman menyandang jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di era Presiden SBY, tepatnya sekitar bulan Agustus tahun 2013. Saat itu, dia ditunjuk menggantikan Moeldoko yang menjadi Panglima TNI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8029 seconds (0.1#10.140)