Airlangga Temui SBY, Pengamat: KIB Sudah Tamat, PAN Bakal Susul PPP

Minggu, 30 April 2023 - 09:33 WIB
loading...
Airlangga Temui SBY, Pengamat: KIB Sudah Tamat, PAN Bakal Susul PPP
PAN disebut-sebut segera menyusul PPP mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 meninggalkan Partai Golkar sendirian. Foto/antara
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah bubar. Karena itu, tak perlu heran bila Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sabtu (29/4/2023) kemarin. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin.

"Itu bagian dari manuver main masing-masing di KIB. Jadi, saya melihatnya ya memang sudah pecah, kakinya sudah di Ganjar. Mau dibantah seperti apa pun ya mereka sudah main dengan kepentingannya masing-masing," tutur Ujang, dihubungi Minggu (30/4/2023).



Ujang melihat Partai Amanat Nasional (PAN) akan menyusul PPP untuk mendukung Ganjar sebagai Capres 2024. Itu diyakini setelah PAN menggelar Rakornas di Semarang pada Februari lalu. "Dulu PAN ketika Rakornas di Semarang pernah endorse nama Ganjar-Erick. Artinya Ganjar, PAN itu," ucap Ujang.

"Jadi nasib KIB sudah kelihatan itu arah kakinya ada di Ganjar, dan sudah main masing-masing lah, walaupun mereka mengatakan saling hormati masing-masing, itu mah ucapan politik. Faktanya sudah pecah," kata Ujang.

KIB terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP. PPP telah menyatakan sikap lebih dulu untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Sementara Partai Golkar dan PAN belum mengambil sikap untuk mengusung capres.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)