Profil Hanum Rais, Putri Amien Rais yang Keluar dari PAN dan Jadi Bacaleg Partai Ummat

Sabtu, 29 April 2023 - 16:28 WIB
loading...
Profil Hanum Rais, Putri Amien Rais yang Keluar dari PAN dan Jadi Bacaleg Partai Ummat
Hanum Salsabiela Rais, anak Amien Rais, keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hanum kini menjadi Bacaleg dari Partai Ummat pada Pemilu 2024. Foto/Erfan Erlin
A A A
JAKARTA - Hanum Salsabiela Rais, putri Amien Rais , keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hanum kini menjadi Bacaleg dari Partai Ummat pada Pemilu 2024.

Hanum mengaku telah mengajukan surat pengunduran diri dari PAN. Menurut informasi yang dia terima, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah paham dengan posisi dirinya yang mengajukan surat pengunduran diri. "Saya sudah mengundurkan diri juga. Dengan surat resmi," ujar Hanum di Sleman, DIY, Sabtu (29/4/2023).

Hanum mengakui sudah mengirimkan surat pengunduran diri tersebut sejak Ramadan lalu, yaitu sekitar 10 hari sebelum Idulfitri 1444 H. "Waktu puasa ya, kira-kira 10 hari terakhir puasa, kebetulan pas milad saya juga," terang dia.



Dia mengaku sudah mantap untuk keluar dari PAN dan maju lagi melalui Partai Ummat. Menurutnya, langkah tersebut merupakan bentuk dari bakti dirinya kepada Amien Rais sebagai ayah kandungnya. Diketahui, Amien Rais merupakan pendiri sekaligus Ketua Majelis Syura Partai Ummat.

Hanum mengetahui persis perjuangan Amien Rais untuk bangsa ini. Sehingga, kata dia, seluruh keluarga wajib untuk mendukung ayahnya tersebut. Namun, dia mengaku belum mengetahui apakah maju lagi sebagai Bacaleg di DPRD DIY atau jenjang lain. "Wah saya enggak tau, kan yang penting prosesnya sudah berjalan ya," katanya.

Profil Hanum Rais

Hanum Rais merupakan anak kedua Amien Rais. Hanum lahir di Yogyakarta, 12 April 1982. Perempuan yang meraih gelar Dokter Gigi dari FKG Universitas Gadjah Mada ini awalnya dikenal sebagai sebagai presenter. Kemudian, Hanum dikenal sebagai seorang penulis yang sejumlah karyanya di-film-kan.



Tahun 2010, Hanum menerbitkan buku berjudul Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta. Istri dari Rangga Almahendra ini juga menerbitkan novel Berjalan di Atas Cahaya dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang kemudian diadaptasi menjadi film 99 Cahaya di Langit Eropa dan 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2.

Hanum yang mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DIY dari PAN dalam Pemilu Legislatif yang digelar serentak dengan Pilpres 2019, menuai sukses. Maju dari Dapil DIY 6, Hanum sukses terpilih sebagai anggota DPRD DIY. Pada 2 September 2019, Hanum dilantik.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)