Daftar Panglima Kogabwilhan III, Nomor 4 Lulusan Terbaik Akmil 1990 dan Eks Danjen Kopassus

Kamis, 27 April 2023 - 06:06 WIB
loading...
Daftar Panglima Kogabwilhan III, Nomor 4 Lulusan Terbaik Akmil 1990 dan Eks Danjen Kopassus
Ltjen TNI I Nyoman Cantiasa resmi menjabat Panglima Kogabwilhan III sejak 21 Januari 2022 hingga saat ini. Dia menggantikan Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Foto/tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III merupakan komando utama operasi yang berdudukan berkedudukan di Timika, Papua. Satuan baru ini berada di bawah komando Panglima TNI.

Dikutip dari kogabwilhan3-tni.mil.id, pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.



Wilayah darat yang diawasi meliputi Kepulauan Maluku dan Pulau Papua. Untuk wilayah udara dan laut meliputi perairan di sekitar Kepulauan Maluku, Pulau Papua, dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)-3b (Laut Timor-Selat Leti-Laut Banda-Laut Seram-Laut Maluku-Samudera Pasifik) beserta perairan sekitarnya.

Panglima Kogabwilhan III dipimpin oleh jenderal bintang tiga alias Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Sejak dibentuk tahun 2019, total sudah sebanyak empat jenderal yang menjabat Panglima Kogabwilhan III sampai saat ini.

Semuanya dipimpin Pati TNI dari kesatuan Angkatan Darat (AD). Tiga dari korps Infanteri, sementara satu dari Infanteri Kopassus.

Berikut daftar Panglima Kogabwilhan III:

1. Letjen TNI Ganip Warsito

Daftar Panglima Kogabwilhan III, Nomor 4 Lulusan Terbaik Akmil 1990 dan Eks Danjen Kopassus

Dok AntaraGanip Warsito merupakan Panglima Kogabwilhan III awal pembentukan tahun 2019. Dia mengemban jabatan Panglima Kogabwilhan III pertama kurang lebih dua tahun lamanya hingga 2021.

Pria kelahiran Magelang pada 23 November 1963 ini merupakan lulusan Akmil 1986. Awal karier militernya, Ganip ditempatkan di Yonif 527/Baladibya Yudha. Pecah bintang menjadi Brigjen, Ganip ditunjuk menjadi Dirlat Kodiklatad pada 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)