Otak-atik Posisi Ganjar, Jika Diusung PDIP Banyak Partai Merapat

Rabu, 19 April 2023 - 21:11 WIB
loading...
Otak-atik Posisi Ganjar, Jika Diusung PDIP Banyak Partai Merapat
PDIP berpeluang membentuk koalisi besar dalam menghadapi Pilpres 2024. Terlebih apabila PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - PDI Perjuangan ( PDIP ) berpeluang membentuk koalisi besar dalam menghadapi Pilpres 2024 . Terlebih apabila PDIP mengusung dan mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres.

Hal tersebut bakal menjadi magnet dan membuat parpol lain merapat kepada PDIP. “Jika PDIP mengumumkan capresnya sebelum koalisi besar ini benar-benar terbentuk, maka PDIP akan menjadi game changer dalam proses lobi-lobi politik antarpartai,” kata Peneliti Pusat Kajian Politik Aisah Putri Budiatri kepada wartawan, Rabu (19/4/2023).

Ketika PDIP mengumumkan capres maka akan membuat partai lain memikirkan ulang strategi politiknya. PDIP bakal menjadi arus perubahan peta politik dan membuat parpol lain merapat.

Apalagi bagi parpol yang belum tergabung koalisi. “Mereka (parpol) akan melihat potensi menang, potensi mencalonkan wapres dan lainnya,” lanjutnya.

Aisah menuturkan salah satu alasan PDIP dan Ganjar menjadi game changer politik karena memiliki elektabilitas tinggi. “Hal ini dipengaruhi juga oleh konsistensi popularitas dan sentimen positif publik pada PDIP termasuk Ganjar sebagai capres partai ini paling populer,” tandasnya.

Diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo dan PDIP masih berada di puncak dari berbagai hasil lembaga survei.
Elektabilitas Ganjar kembali melejit setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dari hasil survei terbaru SMRC, Ganjar berada di posisi teratas mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)