Menag dan Dubes Arab Saudi Bahas Pembangunan Islamic Center di IKN, Tanahnya Lagi Disiapkan

Rabu, 19 April 2023 - 14:12 WIB
loading...
Menag dan Dubes Arab Saudi Bahas Pembangunan Islamic Center di IKN, Tanahnya Lagi Disiapkan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan pertemuan dengan Duta Besar Arab Saudi Faisal Abdullah Al Amudi di Rumah Dinas Dubes Saudi, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Foto/Dok Kemenag
A A A
JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan pertemuan dengan Duta Besar Arab Saudi Faisal Abdullah Al Amudi di Rumah Dinas Dubes Saudi, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Mereka membahas rencana pembangunan Islamic Center di Ibu Kota Negara Nusantara ( IKN ) dan Gedung Percetakan Al-Qur’an.

Rencana Arab Saudi membangun Islamic Center di IKN pernah dibahas bersama Menteri Urusan, Dakwah, dan Bimbingan Islam Arab Saudi Abdullatif bin Abdulaziz Al Al-Sheikh saat berkunjung ke Indonesia pada 2022. “Saat ini, tengah disiapkan tanahnya. Kami juga menunggu desain Islamic Center tersebut sesuai masukan dari Menteri Urusan Islam,” ujar Menag.

Dia menilai pembangunan Islamic Center sangat strategis dan bakal menjadi pintu masuk kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi, selain yang terkait dengan urusan haji. Kerja sama itu juga bakal sangat berpengaruh dalam hubungan kedua negara.





“Selain Islamic Center, kita berdiskusi juga tentang rencana pembangunan Gedung Percetakan Al-Qur’an. Hal ini sangat penting untuk menopang kebutuhan Al-Qur’an bagi masyarakat Indonesia yang sangat tinggi. Kita tahu kualitas cetakan Al-Qur’an Saudi sangat baik,” tuturnya.

Adapun mengenai haji, Menag menyampaikan usulan agar ada penambahan jalur fast track. Fasilitas fast track baru tersedia di Bandara Soekarno-Hatta selama ini.

Berdasarkan penjelasan Menteri Haji Tawfiq F Al-Rabihah, Saudi memang hanya menyediakan satu layanan fast track untuk satu negara. Namun, pihaknya berharap dapat tambahan setidaknya satu atau dua lagi fasilitas layanan fast track mengingat jemaah haji Indonesia adalah yang terbesar.



“Kami juga sedang koordinasi dengan Angkasa Pura II agar dapat memindahkan fast track di Terminal II ke Terminal III Soekarno Hatta agar lebih besar dan ini juga sesuai dengan masukan dari Kemenhaj Saudi. Saya juga sudah sampaikan kepada Menteri BUMN,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)