Kepala Korlantas Polri: Pengelompokan SIM C Masih Dalam Pembahasan

Senin, 11 Januari 2016 - 20:13 WIB
Kepala Korlantas Polri: Pengelompokan SIM C Masih Dalam Pembahasan
Kepala Korlantas Polri: Pengelompokan SIM C Masih Dalam Pembahasan
A A A
JAKARTA - Korlantas Polri menyatakan rencana mengkelompokan SIM C berdasarkan klasifikasi kapasitas mesin motor (CC) masih dalam sebatas rencana.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pengekelompokan SIM C ini masih sebatas wacana dan dalam tahapan proses pendalaman. Dalam pengelompokan kategori SIM C ini, diperlukan kompetensi para pengendara sebagai bahan pertimbangan kemampuan dan keterampilan dari masing-masing klasiflkasi dan karakterisrik jenis motor yang berbeda-beda.

Terkait hal ini, nantinya Korlantas akan mempertimbangkan masukan IMI dan instansi terkait. "Apabila terjadi perubahan pastinya masih membutuhkan proses yang sangat panjang dan tentunya akan disosialisasikan terlebih dahulu melalui tahapan pemberlakuan perundang-undangan serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung yang ada," terang Condor di Kantor Korlantas Polri, Senin (11/1/2016).

Condro menuturkan, terkait akan diberlakukannya pengelompokan kategori SIM C tersebut, informasi dan sosialisasi akan disampaikan jika sudah ada perubahan baik peraturan Kapolri dan aturan-aturan lainnya maupun sarana dan prasarana pendukung apabila sudah terpenuhi.

Dalam kesempatan itu, Condro membenarkan jika kedepannya terdapat pengelompokan SIM C, antara lain; SIM C untuk sepeda motor sampai dengan berkapasitas 250 CC, SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas di atas 250-500 CC dan SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin di atas 500 CC.

"Saya tegaskan sekali Iagi, hal tersebut masih dalam proses pembahasan," tegasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5004 seconds (0.1#10.140)