Profil Mayjen TNI Harfendi, Jenderal Bintang 2 yang Sandang Jabatan Koorsahli Panglima TNI Terbaru

Senin, 17 April 2023 - 14:33 WIB
loading...
Profil Mayjen TNI Harfendi, Jenderal Bintang 2 yang Sandang Jabatan Koorsahli Panglima TNI Terbaru
Mayjen TNI Harfendi merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mayjen TNI Harfendi merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia tercatat tengah bertugas sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI.

Melihat riwayatnya, jabatannya tersebut sejatinya baru didapatkan. Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, upacara Serah Terima Jabatan sebelumnya dilaksanakan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (6/4/2023).

Adapun Harfendi menjadi salah satu nama yang turut hadir dalam acara tersebut. Dalam hal ini, dia menerima tongkat estafet jabatan Koorsahli Panglima TNI dari Mayjen Herianto Syahputra.


Profil Mayjen TNI Harfendi

Dalam riwayatnya, Harfendi merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Melihat pangkatnya, saat ini dia menyandang status Mayor Jenderal (Mayjen) TNI alias bintang dua.

Pada posisinya, pangkat Mayor Jenderal ini berada di golongan perwira tinggi (pati) TNI. Tepatnya satu tingkat di bawah Letnan Jenderal (bintang 3) dan setingkat di atas Brigadir Jenderal (bintang 1).

Sebelum beralih tugas menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI, Harfendi diketahui menjabat Pa Sahli Tk. III KSAD Bidang Polkamnas. Posisi ini ditempatinya pada periode 2022-2023.



Selain itu, sejumlah posisi strategis lain juga pernah disandang jenderal bintang dua tersebut. Di antaranya adalah Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih (2013), Paban IV/Faskon Slogad (2019), hingga Waaslog KSAD Bidang Renbinminlog (2020).

Seiring waktu, karier Mayjen TNI Harfendi semakin melejit. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan pangkat serta penempatan jabatan di berbagai posisi strategis TNI.

Pada tahun 2021, dia ditunjuk mengisi jabatan Kasdam IX/Udayana. Bertahan sekitar setahun, barulah setelahnya Harfendi beralih posisi menjadi Pa Sahli Tk.III KSAD.

Terbaru, setelah sekian jabatan yang pernah dijalaninya, Mayjen Harfendi diberikan amanah untuk menjabat Koorsahli Panglima TNI. Pada mutasi beberapa waktu lalu, dia ditunjuk untuk menggantikan Mayjen Herianto Syahputra.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4626 seconds (0.1#10.140)