Mutasi TNI, Panglima Tunjuk Wiranto Jabat Pati Staf Ahli KSAL

Sabtu, 08 April 2023 - 12:21 WIB
loading...
Mutasi TNI, Panglima Tunjuk Wiranto Jabat Pati Staf Ahli KSAL
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi 219 Perwira Tinggi dari tiga matra melalui SK Panglima Nomor Kep/338/III/2023 tertanggal 29 Maret 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gerbong mutasi perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali bergulir. Terbaru, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono merombak jabatan 219 perwira, terdiri atas 122 Pati TNI AD, 51 Pati TNI AL, dan 46 TNI AU.

Mutasi besar-besaran ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Berdasarkan mutasi ini, sejumlah perwira menengah mendapatkan promosi sehingga akan naik menjadi bintang satu.



Salah satu yang mendapat promosi yakni Kolonel Laut (T) Wiranto. Panglima TNI menunjuknya sebagai Perwira Tinggi Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Laut Bidang Sumber Daya Pertahanan Negara (Pati Sahli KSAL Bid Sumda Hanneg).

Dengan penunjukan ini perwira yang sebelumnya menjabat Sahli E Teklog Pok Sahli Koarmada II tersebut akan promosi bintang 1. Dengan kata lain, tak lama lagi dia bakal menyandang pangka laksama pertama atau laksma.

Dalam rekam jejaknya di Korps Teknik AL, Wiranto punya kemampuan mentereng. Dia antara lain pernah tergabung dalam Satgas Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro. Selain itu, dia juga tercatat sebagai Manajer Proyek Perbaikan KRI Cakra-401.

Wiranto juga pernah dipercaya sebagai Auditor Madya Itjen Kementerian Pertahanan. Pada era Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dia kemudian dipercaya sebagai Pamen Mabes TNI AL dalam rangka penugasan PT PAL Indonesia. Penunjukan itu berdasarkan SK Panglima TNI Nomor Kep/1123/XI/2022 tertanggal 7 November 2022.

Wiranto bukan satu-satunya kolonel yang mendapat promosi bintang 1. Di matra Darat antara lain terdapat Kolonel Inf Ayub Akbar. Danrindam Jaya itu diberi tugas baru memimpin wilayah dengan menjabat Komandan Korem 143/Ho (Kendari) Kodam XIV/Hasanuddin.

Berdasarkan mutasi terbaru ini, Panglima juga memberikan kepercayaan kepada sejumlah perwira tinggi untuk menduduki jabatan baru. Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Iwan Setiawan kini akan menempati jabatan Pangdam XII/Tanjungpura.

Selanjutnya orang nomor satu di Korps Baret Merah akan melekat pada Brigjen TNI Deddy Suryadi. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu sebelumnya menjabat Kasdam IV/Diponegoro. Menjadi Danjen Kopassus akan menjadikan bintang emas di pundak Deddy bertambah satu alias mayjen.

Pergantian jabatan ratusan perwira tersebut secara resmi tinggal menunggu waktu. Namun secara legal formal, SK mutasi berlaku sejak tanggal ditetapkan.



“Memutuskan, Keputusan Panglima TNI tentang yang namanya disebut dalam lampiran keputusan ini dari jabatan lama dan pengangkatan jabatan baru, mulai tanggal seperti tercantum dalam kolom 7,” bunyi salinan SK Panglima, dikutip Sabtu (8/4/2023).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)