Anggota DPR Apresiasi Polda Banten Amankan Arus Mudik Lebaran di Merak

Minggu, 16 April 2023 - 22:20 WIB
loading...
Anggota DPR Apresiasi Polda Banten Amankan Arus Mudik Lebaran di Merak
Bus dan truk antre masuk kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (5/4/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Nazruddin mengapresiasi kinerja Polda Banten dalam mengamankan arus mudik Lebaran 2023, sehingga berjalan aman dan lancar. Terutama arus mudik kendaraan pribadi dan bus yang menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

"Saya kemarin kunjungan kerja ke Lampung. Saat menyeberang, saya melihat situasi di Pelabuhan Merak sangat tertib dan lancar," kata Nazruddin, Minggu (16/4/2023).

Ia menilai kondisi arus mudik Lebaran yang berjalan lancar di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan menjadi poin penting yang harus dipertahankan sampai momen mudik Lebaran selesai. "Saya mengapresiasi Polda Banten yang telah bekerja mengamankan arus mudik sesuai dengan harapan Kapolri. Semoga kinerja seperti ini dapat diikuti oleh Polda-Polda lain," kata Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR ini.



Sebagai Anggota DPR, Nazruddin mengaku bangga melihat pelayanan yang diberikan Polri kepada masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing. Terkait antrean panjang truk yang sempat terjadi pada Sabtu (15/4/2023), kata dia, Komisi III akan mempertanyakan penyebab antrean terjadi kepada Kementerian Perhubungan.

Yang pasti, kata dia, masalah keterbatasan infrastruktur yang menjadi penyebab antrean truk bukan menjadi tanggung jawab Polri. "Polri hanya bertugas mengamankan agar arus mudik berjalan aman dan lancar," ujar Anggota DPR dari Fraksi PAN ini.

DPR akan meminta Menteri Perhubungan mempersiapkan infrastruktur yang lebih baik, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi. Nazruddin juga setuju sebagian angkutan barang dialihkan ke Pelabuhan Merak apabila terjadi antrean panjang di Pelabuhan Ciwandan.

"Kalau Merak lancar, silakan saja dialihkan ke sana sebagian," katanya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugihatno, jajaran di Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) akan memberlakukan pengalihan truk dari pelabuhan Ciwandan untuk kembali ke Merak. Kebijakan pengalihan tersebut akan dilakukan jika pelabuhan Merak dinilai lengang.

"Tadi malam itu Pelabuhan Ciwandan cukup penuh, sedangkan pelabuhan Merak, cukup lengang. Maka untuk kebijakan yang akan diambil mulai malam ini dan ke depannya, apabila terjadi penumpukan kendaraan di satu pelabuhan, maka ada kebijakan sebagian dialihkan ke Merak apabila lengang," kata Hendro saat konferensi pers di Kantor ASDP, Minggu (16/4/2023).

Menurutnya, kebijakan tersebut diberlakukan menimbang situasi kepadatan di salah satu dari dua pelabuhan tersebut. Kebijakan ini guna memecah kepadatan di salah satu pelabuhan saja.

"Jadi ada keseimbangan daya tampung dari masing-masing pelabuhan yang sama. Jadi ini keputusan penting yang diambil pada sore hari ini," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)