Sidak Candi Borobudur, Ganjar Pastikan Kesiapan Fasilitas dan Pelayanan saat Libur Lebaran

Sabtu, 15 April 2023 - 19:09 WIB
loading...
Sidak Candi Borobudur, Ganjar Pastikan Kesiapan Fasilitas dan Pelayanan saat Libur Lebaran
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak ke Candi Borobudur, Sabtu (15/4/2023).
A A A
MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak ke Candi Borobudur, Sabtu (15/4/2023). Candi Borobudur juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan pada saat libur lebaran.

Sebelumnya, Ganjar juga keliling memantau arus mudik dan mengecek posko Lebaran 2023 di sejumlah titik di Kawasan Magelang.

Ganjar yang didampingi istrinya, Siti Atikoh tiba di kawasan Candi Borobudur sekitar pukul 13.00 WIB. Kedatangan Ganjar, tidak disambut secara khusus. Ia mengantre bersama wisatawan lainnya, saat masuk ke dalam Candi Borobudur.

Gubernur Jateng dua periode itu kemudian membeli tiket khusus kunjungan masuk di pelataran candi. Harganya dipatok Rp 50.000 per orang.

Saat itu, GM Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Jamaludin Mawardi, turut mendampingi Ganjar.

“Kami memastikan seluruh obyek wisata siap untuk menerima para wisatawan termasuk mungkin kira-kira Borobudur ramainya hari ke tiga lebaran,” kata Ganjar.

Dari hasil pemantauan di candi, Ganjar melihat fasilitas dan petugas di kawasan Candi Borobudur telah siap menerima wisatawan. Ia berharap hal ini bisa ditiru pengelola wisata lainnya.

“Petugas di depan briefingnya bagus. Kalau kayak Borobudur kan relatif sistemnya settle, bagus. Termasuk SDM-nya, aturannya. Mudah-mudahan nanti tempat wisata yang lain juga menyesuaikan,” ucapnya.

Ganjar juga sempat mengecek lokasi para pedagang yang terletak di pintu keluar kawasan Candi Borobudur. Tampak beberapa bagian sedang dalam renovasi, namun aktivitas jual-beli tetap berjalan.

“Karena dulu ada komplain dari beberapa pedagang semua udah bisa disepakati dikasih tempat khusus, meskipun menurut saya ya masih harus dicarikan yang representatif,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)