Antisipasi Krisis Pangan, KSP Moeldoko Lakukan Hal Ini

Sabtu, 15 April 2023 - 17:05 WIB
loading...
Antisipasi Krisis Pangan, KSP Moeldoko Lakukan Hal Ini
KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (kanan) bersama Bupati Sumba Timur Khristofel Praing (kiri) saat melakukan panen raya sorgum, di Waingapu, NTT. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Upaya mengantisipasi krisis pangan terus diupayakan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Terbaru Moeldoko yang juga Ketua Umum HKTI kembangkan tanaman sorgum di Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia pun menargetkan, penanaman sorgum minimal dapat menyentuh luasan lahan 400 hektare pada tahun ini.

Perjuangan menanam Sorgum di Waingapu sudah dimulai sejak 2016 dengan segala kendala, musim yang kering, hama yang tidak pernah putus tetapi Jenderal TNI (TNI) Moeldoko tidak pernah menyerah dan saat ini telah menghasilkan dan banyak melibatkan masyarakat untuk bekerja.

Kata Moeldoko, produksi sorgum harus terus ditingkatkan sebagai bahan pangan alternatif pengganti gandum hingga beras.

Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengamanatkan agar dilakukan diversifikasi (memperbayak variasi) bahan pangan. Salah satunya, melalu pengembangan lahan dan hilirisasi sorgum di NTT.

"Jadi pangan tidak hanya berfokus pada jagung kedelai dan beras, jangan. Tetapi ada diversifikasi lain yang bisa kita eksploitasi. Sorgum, yang kedua Sagu. Ini juga bisa sangat massif kita gunakan," ujar Moeldoko dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023).

Panglima TNI 2013-2015 ini menambahkan, pengembangan tanaman sorgum juga bisa menjadi lompatan untuk menurunkan angka stunting di NTT. Sebab, sorgum mengandung nutrisi seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu kebutuhan gizi pada anak.

Selain itu sambung Moeldoko, dengan menanam sorgum di lahan-lahan tandus dan marginal, juga memberikan peluang ekonomi baru bagi petani dan masyarakat setempat.

"Semua dari sorgum ini bermanfaat dan punya nilai ekonomi tinggi. Untuk itu pemerintah siapkan offtakernya agar petani lebih semangat menanam sorgum dan bisa hidup sejahtera," terangnya.

Moeldoko yang juga Ketua HKTI ini mengingatkan, bahwa Pemerintah telah menyusun roadmap pengembangan sorgum di NTT. Tahap awal, dengan mempersiapkan lahan seluas 15.000 hektare.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)