Mahfud MD Minta KAHGAMA Benahi Budaya Berhukum di Indonesia yang Mulai Rusak

Sabtu, 15 April 2023 - 04:39 WIB
loading...
Mahfud MD Minta KAHGAMA Benahi Budaya Berhukum di Indonesia yang Mulai Rusak
Mahfud MD saat menghadiri pelantikan pengurus KAHGAMA periode 2023-2028 di Jakarta, Jumat (14/4/2023). Foto: MPI/Arie Dwi Satrio
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut budaya berhukum di Indonesia sudah mulai rusak. Mahfud MD berharap ada yang bisa segera membenahi.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berharap Keluarga Alumni Hukum Universitas Gadjah Mada (KAHGAMA) dapat turut serta membangun budaya hukum yang benar di Indonesia. Salah satunya, dengan penegakan hukum yang adil.

"Saya harapkan KAHGAMA itu supaya membangun budaya berhukum dengan benar. Karena budaya berhukum kita itu sudah mulai rusak di sana-sini,” ujar Mahfud MD saat menghadiri pelantikan pengurus KAHGAMA periode 2023-2028 di Jakarta, Jumat (14/4/2023).



Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut menyatakan bahwa KAHGAMA adalah rumah kedua baginya. Oleh karena itulah ia meluangkan waktu untuk hadir dalam pelantikan tersebut.

"Saya menyempatkan diri hadir sebagai bagian dari rumah KAHGAMA ini, mudah-mudahan ikut membangun budaya hukum dengan benar dalam membuat hukum, melaksanakan hukum, dan menegakkan hukum," pungkas Mahfud.



Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum I Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP KAGAMA) Budi Karya Sumadi juga berharap para alumni Fakultas Hukum UGM dapat membangun kebersamaan dan saling mendukung guna pembangunan hukum di Indonesia.

"KAHGAMA akan mengambil peran sentral dalam mengawal dan memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan hukum di Indonesia," ujar Budi Karya usai melantik pengurus KAHGAMA masa bakti 2023-2028.

Pengurus inti KAHGAMA yang baru dilantik. yakni Paripurna P Sugarda selaku Ketua Umum, Mandela Sinaga selaku Sekretaris Jenderal, dan Triweka Rinanti sebagai Bendahara.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)