Waspada! Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi 14-15 April

Jum'at, 14 April 2023 - 12:24 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi 14-15 April
Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang sangat tinggi yang berpotensi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 14-15 April 2023. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang sangat tinggi yang berpotensi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 14-15 April 2023. BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada.

Berdasarkan hasil analisa BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut-timur dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari selatan-barat dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian utara, perairan timur Lampung, dan perairan utara Jayapura.



Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan Pulau Sawu, perairan Kupang-Pulau Rotte, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan utara Jayapura-Sarmi, Samudera Pasifik utara Biak-Jayapura.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,5-4,0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Nias- Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Nias-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulau Jawa-Pulau Sumba, Selat Bali, Lombok, Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan Bali-NTT.

Sedangkan, untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4,0-6,0 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan Jawa.

Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m, kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m.

Selanjutnya, kapal ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m.



"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)