Beri Dampak Positif, Jumat Curhat Polri Permudah Masyarakat Bersuara

Kamis, 13 April 2023 - 13:05 WIB
loading...
Beri Dampak Positif, Jumat Curhat Polri Permudah Masyarakat Bersuara
Program Jumat Curhat yang dicanangkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit mulai terasa dampak positifnya, di mana masyarakat bisa menyampaikan langsung. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Program Jumat Curhat yang dicanangkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit mulai terasa dampak positifnya. Seperti masyarakat bisa menyampaikan langsung permasalahan dan keluhan di lingkungannya kepada Polisi.

Pandangan ini disampaikan oleh Kadiv TIK Polri Irjen Pol Slamet Uliandi, selaku Kaposko Presisi. Menurutnya, program ini juga semakin mendekatkan anggota Kepolisian dengan masyarakat.

"Sebagai contoh adalah lokasi penjualan miras ilegal dan tempat yang digunakan berkumpulnya remaja yang dinilai dapat mengganggu kamtibmas di wilayah hukum Polrestro Depok, dapat terungkap. Membuat masyarakat menjadi lebih dekat dengan anggota Polri," kata Slamet Uliandi dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Sementara dampak bagi Polri dari adanya program Jumat Curhat ini kata Slamet, berhasil mendapatkan informasi yang aktual tentang gangguan kamtibmas langsung dari masyarakat.

"Polri juga lebih mudah mendapatkan feedback untuk peningkatan pelayanan publik. anggota Polri menjadi lebih peka dan responsif terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat," ucapnya.

Ada pun dari berbagai pelaksanaan Jumat Curhat, telah bisa dipetakan beragam keluhan yang kerap diajukan masyarakat. Seperti, harapan respons cepat dari Kepolisian terkait permasalahan sosial, tidak harus viral dulu baru ditanggapi dengan cepat.

Kemudian pertanyaan mengenai prosedur dan alur mekanisme pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM); Pengaduan tentang maraknya kejahatan jalanan seperti premanisme jalanan, pencurian, perampokan yang meresahkan masyarakat.

"Sampai, pengaduan tentang banyaknya kenakalan remaja yang terjadi antara lain konsumsi miras, penyalahgunaan narkoba, balap liar, dan penggunaan knalpot brong," tuturnya.

Sehingga, dijelaskan Slamet, program Jumat Curhat sampai sekarang masih tetap berlangsung. Dengan komando dan pengawas langsung darinya selaku Kepala Tim Posko Presisi Polri.

"Ya, dipastikan berjalan dikarenakan jajaran Polda, Polres, dan Polsek setiap minggunya mengirimkan laporan ke Posko Presisi, serta dilakukan anev (analisa dan evaluasi) secara berkala," jelas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)