Profil Izak Pangemanan, Melesat Jadi Jenderal Bintang 2 Usai Dimutasi ke Papua

Rabu, 12 April 2023 - 03:07 WIB
loading...
Profil Izak Pangemanan, Melesat Jadi Jenderal Bintang 2 Usai Dimutasi ke Papua
Profil Brigjen TNI Izak Pangemanan yang diulas dalam artikel ini menarik untuk diketahui. Foto/Dok Kodam II/Sriwijaya
A A A
JAKARTA - Profil Brigjen TNI Izak Pangemanan yang diulas dalam artikel ini menarik untuk diketahui. Perwira Tinggi ( Pati ) TNI Angkatan Darat (AD) ini bakal naik pangkat menjadi Jenderal Bintang 2 atau Mayor Jenderal (Mayjen) setelah dimutasi ke Papua.

Izak merupakan salah satu dari 219 Pati TNI yang masuk dalam daftar mutasi dan promosi jabatan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Nomor Kep/338/III/2023 tertanggal 29 Maret 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pria kelahiran 6 Maret 1969, Manado, Sulawesi Utara ini dimutasi dari Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) II/Sriwijaya menjadi Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) III menggantikan Laksda Achmad Wibisono yang dimutasi menjadi Kepala Staf Kogabwilhan II.



Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI sebagaimana dilansir dari laman resmi Kogabwilhan III. Pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Adapun Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Timika, Papua dengan wilayah darat meliputi Pulau Maluku, Pulau Papua serta wilayah laut dan udara seperti di atas ditambah wilayah ALKI-3b dan sekitarnya. Nah, Izak merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1990 dari kecabangan Korps Perhubungan dan selanjutnya mengikuti kecabangan Infanteri (Kopassus).

Izak pernah menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) II/Sriwijaya menggantikan Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko yang mendapatkan jabatan baru sebagai Perwira Sahli Tk.II Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Bidang Lingkungan Hidup di Mabesad, Jakarta.



Acara serah terima jabatan (Sertijab) Kasdam II/Sriwijaya ketika itu dipimpin langsung Pangdam ll Mayjen TNI Agus Suhardi di Gedung Sudirman Makodam II/Sriwijaya, Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Palembang, Selasa (21/6/2022). Sebelum menjabat Kasdam II/Sriwijaya, Izak Pangemanan dipercaya sebagai Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi (Abepura) Kodam XII/Cenderawasih, Papua periode 2020-2022.

Maka itu, wilayah Papua bukan wilayah asing baginya, terlebih Izak pernah menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Danrindam XVII/Cenderawasih pada periode 2015-2017.



Dia juga pernah dilibatkan dalam sejumlah operasi di Papua seperti Satgas Tribuana Irian Jaya, Satgas BAN-5 Papua, Satgas BAN-10 Papua, Satgas BAN-11 Papua, dan Koordinator Daerah (Korda) Papua Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Izak juga pernah menjabat Dangrup 3/Sandha Kopassus periode 2011-2013. Berbagai jabatan strategis lainnya yang pernah dia emban di antaranya Danden 1 Yon 44 Grup 4 Kopassus, Kasiops Grup 3 Sandha Kopassus, Wadanyon 33 Grup 3 Kopassus, Panbandyalat Sops Kopassus, Danyon 32 Grup 3 Kopassus, Dansatdik Sesandha Kopassus, Kadepsus Pusdikpassus, dan Wadan Grup 3 Sandha Kopassus.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)