Tol Cisumdawu Difungsikan 15 April, Mudik ke Semarang Tak Perlu lewat Cikampek

Senin, 10 April 2023 - 07:30 WIB
loading...
Tol Cisumdawu Difungsikan 15 April, Mudik ke Semarang Tak Perlu lewat Cikampek
Menko PMK Muhadjir Effendy optimistis difungsikannya Tol Cisumdawu memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) di Jawa Barat akan beroperasi pada 5 April 2023. Saat ini seksi 1,2, dan 3 tol tersebut telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur. Sementara seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

Tol Cisumdawu yang akan difungsikan adalah Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 kilometer. Rencananya, fungsional perdana untuk menghadapi arus mudik akan dimulai pada tanggal 15 April 2023.

“Ya ini kan salah satu jalur yang kita harapkan sudah bisa difungsikan fungsional pada saat lebaran nanti. Pak Menteri PUPR menyampaikan tanggal 15 April bisa selesai jalur ini, sehingga secara fungsional bisa digunakan untuk memperlancar mudik,” jelas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan resminya, Senin (10/4/2023).



Berdasarkan penjelasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Muhadjir mengatakan Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Dengan demikian, masyarakat dari Bandung yang akan mudik ke Jawa Tengah tidak perlu ke Cikampek. Mereka bisa langsung ke Jawa Tengah melalui Dawuan. Hal ini akan sangat membantu mengurai kemacetan di ruas Tol Cipali.

Jam operasional Tol Cisumdawu hanya pagi sampai pukul 3 siang. Hal itu lantaran wilayah tol yang berada di dataran tinggi itu rawan berkabut pada malam hari dan dikhawatirkan membahayakan pemudik. Kemudian, nantinya akan disiasati oleh Korlantas Polri untuk melakukan sistem buka tutup atau contra flow di kawasan Tol Cipali.

“Kalau dengar penjelasan dari Pak Menteri PUPR, saya optimistis insyaallah kalau ini sudah secara fungsional bisa digunakan, maka perjalanan mudik bisa lebih lancar khususnya untuk wilayah Sumedang dan sekitarnya,” kata Muhadjir.



Muhadjir dan rombongan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi sebelumnya juga meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka yang akan melayani penerbangan umrah dan maskapai internasional lainnya.

Rencananya keberangkatan umrah akan dimulai pada pertengahan April 2023. Keberangkatan haji dari BIJB tahun ini sebanyak 20 kloter atau sekitar 7.000-8.000 orang jemaah haji. Mereka berasal dari Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

Dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, Menko PMK berharap, Bandara Kertajati akan semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai, dan masyarakat Jawa Barat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman, karena aksebilitasnya semakin mudah.

“Pengoperasian Tol Cisumdawu ini juga diharapkan sekaligus membangkitkan kembali Bandara Kertajati di kemudian hari,” tandasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)