Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir 3 Besar Bursa Cawapres 2024

Minggu, 09 April 2023 - 19:45 WIB
loading...
Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir 3 Besar Bursa Cawapres 2024
Tiga besar bursa cawapres 2024 menurut survei LSI diduduki oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dan Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiga besar bursa calon wakil presiden ( cawapres ) 2024 diduduki oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Hal ini terpotret dalam hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Berdasarkan hasil survei LSI, elektabilitas Ridwan Kamil berada di puncak dengan meraih 19,6%. Disusul Sandiaga Uno 18,9%; dan Erick Thohir 13,0%.

"Kalau untuk wakil presiden nama dua terbesar itu masih Ridwan Kamil (19,6%) dan Sandiaga Uno (18,9%) mereka death hit (bersaing ketat) juga," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei yang bertajuk Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik Terkini, yang digelar daring, Minggu (9/4/2023).



Setelah Erick Thohir, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 9,1%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 6,2%, Ketua DPR Puan Maharani 5,4%, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 2,7% dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar 1,9%. Sementara 23,1% responden tidak tahu dan tidak menjawab.

"Ini kalau kita menggunakan simulasi 8 nama nama-nama yang sering disebut sebagai bakal calon wakil presiden yang cukup kuat gitu," katanya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 31 Maret-4 April 2023 dengan target populasi adalah WNI yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan memiliki telepon/cellphone, ada sekitar 83% dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, dan 1.229 responden dipilih, lalu divalidasi, dan di-screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)