Kepercayaan Terhadap Kejaksaan Teratas Setahun Terakhir

Minggu, 09 April 2023 - 18:21 WIB
loading...
Kepercayaan Terhadap Kejaksaan Teratas Setahun Terakhir
Survei terbaru LSI, kepercayaan terhadap Kejaksaan masih tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) di bawah komando Jaksa Agung ST Burhanuddin terus mendapatkan kepercayaan masyarakat. Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia, kepercayaan terhadap Korps Adhyaksa masih tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, selain ada peningkatan kepercayaan publik, di antara institusi penegak hukum lainnya, Kejagung juga konsisten bertengger di posisi teratas dalam setahun terakhir ini. Jika pada temuan Februari lalu angkanya baru menyentuh 68%, memasuki April meningkat menjadi 69%.

"Ini menempatkan Kejaksaan Agung tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain dalam satu tahun terakhir," kata Djayadi saat memaparkan hasil survei bertajuk Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik Terkini secara virtual, Minggu (9/4/2023).



Dahulu, Kejagung biasanya berada di paling bawah. Kini, konsisten selalu berada di atas Pengadilan, KPK, dan Polri.

Survei LSI dilakukan dalam rentang 31 Maret hingga 4 April 2023, menempatkan 1.229 responden melalui sambungan telepon, dan tingkat kepercayaan mencapai 95%. Menurut Djayadi, pada periode yang sama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan 64%, sementara Polri 63%.

"Temuan ini kembali menempatkan Kejaksaan dengan tingkat kepercayaan tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain," kata Djayadi.

Kendati demikian, Djayadi menjelaskan, terkait tren survei kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga, secara umum cenderung stabil atau mengalami penurunan. Namun, hal berbeda berlaku bagi Kepolisian, Pengadilan, dan Kejaksaan Agung.

"Secara umum kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum mengalami peningkatan, kecuali KPK," kata Djayadi.

Dalam temuan LSI, tingginya kepercayaan publik terhadap lembaga pimpinan ST Burhanuddin juga berkaitan dengan penegakan hukum. Dalam kategori ini, Korps Adhyaksa tetap berada di posisi tertinggi, dengan tingkat kepercayaan mencapai 72%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)