5 Kata Ini Sering Muncul Saat Momen Lebaran, Nomor 4 Halalbihalal

Minggu, 09 April 2023 - 13:46 WIB
loading...
5 Kata Ini Sering Muncul Saat Momen Lebaran, Nomor 4 Halalbihalal
Lima kata yang sering muncul saat momen Lebaran, di antaranya mudik. Ilustrasi/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Lima kata yang sering muncul saat momen Lebaran ada di artikel ini. Nomor terakhir jadi menu khas Lebaran.

Lebaran menurut kbbi.kemdikbud.go.id bermakna hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Kata yang identik dengan Lebaran adalah Idulfitri.

Tahun ini, umat Islam akan merayakan Lebaran atau Idulfitri 1444 Hijriah. Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Sementara, 1 Syawal 1444 Hijriah versi pemerintah akan ditetapkan setelah sidang Isbat yang akan digelar pada 20 April 2023.

5 Kata Sering Muncul saat Lebaran


Berikut ini SINDOnews tampilkan 5 kata yang sering muncul saat momen Lebaran, lengkap dengan maknanya berdasarkan kbbi.kemdikbud.go.id.

1. Parsel


5 Kata Ini Sering Muncul Saat Momen Lebaran, Nomor 4 Halalbihalal

Aktivitas pedagang parsel di Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2022). Foto/Dok MPI

Jelang Lebaran, biasanya pedagang parsel akan kebanjiran orderan. Hal ini lantaran sebagian orang ingin mengirimkan parsel untuk kolega atau orang-orang tercinta.

Menurut kbbi.kemdikbud.go.id, parsel adalah bingkisan yang berisi berbagai hadiah, seperti aneka kue, makanan dan minuman dalam kaleng, barang pecah belah, yang ditata apik dalam keranjang dan dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya.

2. Mudik

Mudik menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, khususnya setiap momen Lebaran. Mudik dilakukan melalui jalur darat, laut, dan udara.

Ada dua makna kata mudik di KBBI, yakni (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman). Selain itu, mudik juga bermakna pulang ke kampung halaman.

3. Takbiran

Makna kata takbiran berdasarkan KBBI adalah pujian kepada Allah Swt. dengan menyerukan takbir. Pada malam sebelum Lebaran Idulftri hingga sebelum khatib naik mimbar, umat Islam melakukan takbiran.



Kegiatan takbiran ini dilakukan di masjid, musala, tanah lapang, atau bahkan ada juga yang melakukan takbiran keliling kampung.

4. Halalbihalal

Halalbihalal merupakan suatu kebiasaan khas Indonesia. Makna kata halalbihalal adalah hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang.

5. Ketupat

5 Kata Ini Sering Muncul Saat Momen Lebaran, Nomor 4 Halalbihalal

Pedagang kulit ketupat di kawasan Pasar Palmerah, Minggu (18/7/2021).Foto/Dok MPI

Ketupat memang identik dengan Lebaran. Maka, jangan heran jika jelang Lebaran banyak pedagang kulit ketupat atau ketupat yang sudah matang berjualan di pasar atau di pinggir jalan.

Menu khas ini biasanya ada di setiap rumah untuk dimakan sendiri, dibagikan ke tetangga, atau dihidangkan kepada tamu yang datang. Tentunya ketupat disajikan dengan masakan lainnya seperti sayur ketupat, semur daging, atau beragam masakan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)