Kemenag Latih Ratusan Penyuluh Agama Dukung 1.000 Kampung Moderasi

Sabtu, 08 April 2023 - 23:00 WIB
loading...
Kemenag Latih Ratusan Penyuluh Agama Dukung 1.000 Kampung Moderasi
Kementerian Agama akan melatih ratusan penyuluh agama untuk mempercepat rintisan Kampung Moderasi Beragama (KMB) di seluruh Indonesia. Foto: Sudarsono/Kemenag
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag ) akan melatih ratusan penyuluh agama untuk mempercepat rintisan Kampung Moderasi Beragama ( KMB )di seluruh Indonesia. Pelatihan dimaksud untukmenyiapkan penyuluh agama dan pemangku kepentingan lain dalam merealisasikan KMB.

"Pelatihan yang kami lakukan ini kolaborasi dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bimas Islamdan Bimas agama-agama lain. Kami mengundangpenyuluh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Khonghucu yang akan menjadipenggerak moderasi beragama di daerahnya,” kata KepalaPusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Mastuki, Sabtu (8/4/2023).

Menurut Mastuki, posisi dan peranpenyuluh agama sangat strategis untuk mengawal pembentukan KMB yang berbasis di desa/kecamatan. KMB merupakan program yang diinisiasi Direktorat JenderalBimas Islam dengan target 1.000 KMB pada tahun 2023.

"Program KMB ini genuine dan berpotensi besar menjadi ladang penyemaian kehidupan kebangsaan dan keagamaan moderat. Kalau KMB dapat diinisiasi diribuan desa atau kecamatan, dampaknya pastilah signifikan sebagai penyangga kehidupan warga yangharmonis,damai, rukun, dan saling menghargai,” tuturnya.



Balitbang DiklatKementerian Agama yang kini berubah menjadi Badan Moderasi Beragamadan Pengembangan Sumberdaya Manusia berkepentingan agar penguatan moderasi beragama menjangkau sasaran yang lebih luas dan masif ke masyarakat. Karenanya, kata dia, Program KMB ini dapat meratakan jalan diseminasi nilai-nilai moderasi beragama yang menekankan pada toleransi,anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan ramah dalampenerimaantradisi dan budaya lokaldalamprilaku keagamaan.

"Pelatihan penguatan moderasi beragama bagi penyuluh agama merupakanbagian dari skema besar literasi keagamaan moderat. Penyuluh yang akan dilatih dibekali dengan materi-materi relevan seperti sketsa kehidupan keagamaan mutakhir,analisis sosial dengan pendekatan iceberg analysis dan U-process, kepemimpinan dan kepeloporan, resolusi konflik,dan konsep moderasi beragama.Mereka juga dilatih menjadimotor penggerak KMB di tempat tugas masing-masing,” imbuhnya.

Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama akan berlangsung mulai 10-15 April 2023 di Kampus Pusdiklat TeknisCiputat. Peserta yang akan bergabung sebanyak 120 orang berasal seluruh Kanwil Kemenag 34 provinsi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2696 seconds (0.1#10.140)