Prabowo Yakin Penentuan Capres Koalisi Besar Tak Alot, Pengamat: Tergantung Airlangga

Sabtu, 08 April 2023 - 09:41 WIB
loading...
Prabowo Yakin Penentuan Capres Koalisi Besar Tak Alot, Pengamat: Tergantung Airlangga
Pengamat Politik Ujang Komarudin mengatakan penentuan capres untuk koalisi besar bergantung bagaimana posisi Partai Golkar dan Ketum Airlangga Hartarto. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto merasa yakin koalisi besar akan terbentuk. Menurut Prabowo, pembahasan bakal capres-cawapres 2024 di koalisi besar tidak akan berjalan alot.

Merespons hal ini, Pengamat Politik Ujang Komarudin melihat hal yang sama. Sebab, dalam koalisi besar yang terpenting adalah posisi Golkar.



"Yang paling penting bagaimana Golkar menerima tidak. Karena Golkar dalam Munas menegaskan mengusung Airlangga capres," ujar Ujang, Sabtu (8/4/2023).

Diketahui, lima parpol tengah menjajaki membangun koalisi besar. Di antaranya, Gerindra, Golkar, PKB, PAN, dan PPP. Lima ketua umum parpol telah bertemu langsung bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir pekan lalu.

"Tinggal Airlangga sebenarnya, yang lain seperti Zulkifli Hasan dan Mardiono ikut saja," kata Ujang.

Perihal konfigurasi bakal capres-cawapres 2024, Ujang mengatakan koalisi besar juga nampaknya tak bakal mengalami kesulitan. Sebab, ada Presiden Jokowi sebagai king maker di sana.

Dia memaparkan dalam data berbagai survei, hanya tiga tokoh yang memiliki elektabilitas capres tinggi yakni, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

"Capres yang elektabilitasnya tinggi di antara internal koalisi besar tidak lain hanya Prabowo," jelas Ujang.

Ujang tak yakin koalisi besar akan mencapreskan Ganjar. Terlebih, usai isu penolakan Ganjar terhadap Israel yang bermain di Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)