Koalisi Besar Disebut Strategi Kepung PDIP, Langkah Megawati Dinilai Brilian

Kamis, 06 April 2023 - 14:47 WIB
loading...
Koalisi Besar Disebut Strategi Kepung PDIP,  Langkah Megawati Dinilai Brilian
Langkah Megawati Soekarnoputri dan PDIP menghadapi strategi pengepungan oleh parpol pendukung pemerintah dinilai brilian. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinamika politik nasional menjelang Pemilu 2024 masih cair. Terakhir, muncul wacana koalisi besar yang berisi partai politik (parpol) pendukung pemerintah. Apa maksud di balik wacana pembentukan koalisi tersebut?

Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam menilai langkah koalisi besar adalah strategi politik untuk mengepung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) agar bersedia menyerahkan golden ticket-nya. Seperti diketahui, PDIP satu-satunya parpol yang bisa mengusung calon presiden sendiri.

“Namun PDIP tampaknya tidak ingin mudah teperdaya oleh agenda kepentingan Koalisi Besar tersebut. PDIP membatasi ruang negosiasinya dengan menegaskan bahwa mereka siap bergabung asal posisi capres diserahkan kepada PDIP,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (6/4/2023).



Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) ini menilai sikap Megawati dan PDIP untuk tidak hadir dalam pertemuan yang menggagas Koalisi Besar merupakan keputusan brilian. Meskipun Ketum PAN mengatakan PDIP diundang, tapi jelas tidak satu pun perwakilan pengurus PDIP hadir.

“Ketiadaan perwakilan PDIP kemarin itu pastilah atas perintah atau sepengetahuan Megawati. Artinya, ketika ide Koalisi Besar diluncurkan, maka jelas dan terang bahwa PDIP bukan bagian dari gerbong Koalisi Besar tersebut,” tegas dosen Universitas Paramadina tersebut.

Khoirul Umam menerangkan dengan pengalaman matang Megawati di belantika politik nasional, PDIP tampaknya mencium aroma partainya sedang “dibujuk” atau “didikte” untuk menyerahkan tiketnya kepada pencapresan Prabowo yang hendak diusung oleh mesin Koalisi Besar. Belakangan, Jokowi memang terlihat sering berkunjung ke berbagai daerah bersama Prabowo.

“PDIP tampaknya juga paham bahwa gerbong Koalisi Besar tengah mengepung dirinya agar bersedia “berpuas diri” menempati posisi nomor sebagai posisi Cawapres. Karena itu, bagi PDIP, proposal pencapresan Prabowo yang diajukan Koalisi Besar itu bisa diartikan sebagai penghinaan. Karena PDIP memiliki elektabilitas partai yang lebih tinggi, punya Capres potensial yang elektabilitasnya juga lebih tinggi, dan bahkan punya Golden Ticket yang bisa mengusung calon sendiri,” paparnya.

Jika PDIP tersinggung, Umam mengibaratkan lebih baik tiketnya disobek daripada dipakai orang lain. “Karena itu, sikap Megawati dan PDIP untuk tidak menyerahkan golden ticket-nya dan mempertegas ruang negosiasi dengan mengkavling posisi Capres, merupakan langkah cerdas dan bijak untuk menyelamatkan marwah partainya,” terangnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)